Jadwal MotoGP 2018, Sirkuit Indonesia Masukkah Dalam Daftar

Jadwal MotoGP 2018, Harapan Besar Untuk Indonesia
MotoGP- Setelah dipastikan gagal menjadi tuan rumah dalam balap sepeda motor paling bergengsi di dunia MotoGP pada musim 2017, masyarakat berharap Indonesia akan mampu masuk dalam daftar tuan rumah pada MotoGP musim 2018. Namun harapan itu masih memerlukan proses panjang lantaran Finlandia telah dahulu memastikan menjadi tuan rumah pada musim 2018 nanti.

Dilansir dari halaman CNN bahwa Indonesia masih belum pasti menjadi tuan rumah MotoGP 2018. Demikian yang disampaikan juru bicara Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, kepada CNNIndonesia.com.

Salah satu faktor adalah terpilihnya Finlandia menjadi salah satu tuan rumah dalam kalender MotoGP 2018. Sirkuit Kymi Ring telah dipersiapkan untuk mendukung terjadinya balapan di negeri Nordik tersebut.

Kendati begitu, Gatot tetap optimistis untuk segala kemungkinan yang terjadi.

"Indonesia belum tentu menjadi tuan rumah MotoGP 2018. Tergantung pemenuhan persyaratan. Tapi yang penting Dorna sudah tertarik," katanya.

Pada musim 2018, MotoGP berencana menambah jumlah balapan dari 18 menjadi 20. Selain Finlandia, satu slot balapan tersisa akan diperebutkan Indonesia dan Thailand.


Indonesia mengandalkan Sirkuit Sentul yang sampai saat ini belum juga mendapat lampu hijau untuk direnovasi. Sementara, Thailand menjagokan Sirkuit Chang yang sudah mendapatkan Grade A dari Federasi Olahraga Motor Dunia (FIM). Grade itu merupakan standar minimal sebuah sirkuit untuk menggelar MotoGP.

Dorna sendiri sebetulnya sudah memberikan Indonesia kesempatan memperbaiki Sirkuit Sentul. Bahkan, Indonesia mungkin saja menggelar MotoGP musim 2017 andai master plan renovasi Sirkuit Sentul diserahkan ke Dorna pada bulan lalu.Kegagalan menjadi tuan rumah pada MotoGP musim 2017 ini sebelumnya diberitakan bahwa hal ini terjadi karena Dorna menilai, Sirkuit Sentul pada saat ini tidak menggunakan standar FIM Homogolation. 


Seperti pernah dirilis Kemenpora, Dorna juga berulang kali meminta master plan baik yang menyangkut sirkuit dan lingkungan sekitar, serta infrastruktur umum dari sirkuit tersebut. 

Namun, permintaan itu belum dipenuhi atau belum dikirimkan oleh manajemen Sentul. Oleh karenanya, Dorna Sport menyimpulkan bahwa penyelenggaraan MotoGP tahun 2017 boleh dikatakan amat kecil kemungkinannya.

Padahal, Kemenpora juga sudah menyampaikan keseriusan PT Sarana Sirkuitindo Utama untuk menjadi penyelenggara MotoGP 2017, 2018, dan 2019, dengan menyediakan tiga dokumen yang diminta Kemenpora. 

Semoga cepat terealisasi renovasi sirkuit Sentul dan Indonesia memastikan untuk menjadi tuan rumah sehingga dalam jadwal MotoGP 2018 nantinya, Indonesia akan masuk dalam daftar sirkuit penyelenggara. Amin..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel