Tanda Akan Datang Kiamat (Menurut Hadits)

Tanda Akan Datang Kiamat (Hadits)
Sakaran - Berikut ini adalah tanda tanda akan datangnya hari kiamat menurut/sesuai dengan hadits:
  • Dilenyapkannya ilmu agama dan munculnya kebodohan, merajalela perzinaan, meluasnya peminum khamar, berkurangnya jumlah laki laki dan berlebihnya kaum wanita.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a.: Ingatlah, akan kuceritakan kepadamu sebuah hadis yang kudengar dari Rasulullah SAW, yang tak seorang pun sesudahku menceritakannya kepadamu. Aku mendengar beliau bersabda, "Sesungguhnya, di antara tanda hari kiamat akan tiba ialah dilenyapkannya ilmu agama dan munculnya kebodohan, merajalela perzinaan, meluasnya peminum khamar, berkurangnya jumlah laki laki dan berlebihnya kaum wanita sehingga lima puluh orang wanita mempunyai pelindung seorang laki laki saja."(HR. Muslim)
  • Hari Kiamat Terjadi Setelah Perang Antara Dua Golongan Besar
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah SAW bersabda, "Hari Kiamat tidak akan tiba sebelum dua golongan besar berperang dan korban masing masing pihak sangatlah besar, padahal ajakan mereka satu." (HR. Muslim).
  • Akan ada ujian/bencana besar yang menimpa.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah SAW bersabda, "Demi Zat yang jiwaku berada di tangan (kekuasaan)-Nya, dunia ini tidak akan musnah sebelum seseorang yang melewati kuburan akan berguling guling diatasnya seraya berkata, 'Aduhai, seandainya aku dapat menggantikan tempat penghuni kubur ini.' Hal itu bukan karena beratnya utang, tetapi karena besarnya ujian (bencana)." (HR. Muslim)
  • Api akan keluar dari Bumi Hijaz.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah SAW bersabda, "Hari kiamat tidak akan tiba sebelum api keluar dari Bumi Hijaz, yang menerangi leher leher unta di Bushra (Suriah)." (HR. Muslim)

  • Waktu berlalu semakin cepat dan banyak terjadi pembunuhan.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah SAW bersabda, "Termasuk di antara tanda tanda hari kiamat ialah semakin cepatnya masa, dicabutnya ilmu agama, merajalelanya bencana, orang orang dibuatnya kikir, dan banyaknya Harj." Sahabat bertanya, "Apa Harj itu (wahai Rasulullah)?" Beliau menjawab, "Pembunuhan." (HR. Muslim)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah SAW bersabda, "Hari kiamat tidak akan tiba sebelum harj merajalela." Para sahabat bertanya, "Apakah harj itu wahai Rasululla?" Beliau menjawab, "Pembunuhan, pembunuhan." (HR. Muslim)

Semoga kita semua diselamatkan oleh Allah. Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel