Home
bacaan
doa
shalat
Bacaan Shalat Ghaib (Tulisan Arab) dan Arti-nya

Bacaan Shalat Ghaib (Tulisan Arab) dan Arti-nya

Shalat ghaib adalah shalat yang dilakukan apabila ada salah seorang keluarga atau handai tolan meninggal di tempat yang jauh. Shalat ini disunahkan meski jenazah sudah dimakamkan seminggu lebih. Untuk bacaan shalat ghaib sama dengan Bacaan Shalat Jenazah biasa, namun hanya dengan niat yang berbeda.


Berikut ini adalah tata cara atau urutan dalam shalat Ghaib.

1. Membaca Niat Shalat Ghaib, lalu Takbiratul Ihram:

اُصَلِّى عَلٰى مَيِّتِ (فُلَانٍ) اَلْغَائِبِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ لِلّٰهِ تَعَالٰى. اَللّٰهُ اَكْبَرُ.

Artinya:
"Saya niat shalat atas mayit (Fulan) ghaib empat takbir fardhu kifayah karena Allah."

2. Takbir Pertama selanjutnya membaca Surat Al-Fatihah.
Setelah membaca niat maka dilanjutkan dengan takbir yang pertama, selanjutnya membaca surat Al-Fatihah:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
اَلرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ
اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ
صِرَاطَ الَّذِ يْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ۙ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ ٱلضَّآلِّيْنَ
Artinya:
1. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
2. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.
3. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
4. Yang Menguasai hari pembalasan.
5. Hanya kepada-Mulah hamba mengabdi dan hanya kepada-Mulah hamba meminta pertolongan.
6. Tunjukkanlah kepada kami jalan yang lurus
7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadannya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

3. Takbir kedua selanjutnya membaca Shalawat atas Nabi Muhammad Saw.
Setelah selesai membaca Surat Al-Fatihah maka dilanjutkan dengan takbir kedua. Setelah takbir kedua, kemudian membaca shalawat atas Nabi Muhammad Saw.

.اَللَٰهُمُّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

Artinya:
"Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan kepada Muhammad."

Atau lebih lengkap dengan bacaan shalawat:
اَللَٰهُمُّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، اَللَٰهُمَّ بَارِكْ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ إِبَرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Artinya:
"Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan kesejahteraan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia, dan berikanlah berkah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."

4. Takbir ketiga selanjutnya membaca doa untuk mendoakan jenazah secara khusus.
Setelah selesai membaca shalawat atas Nabi Muhammad Saw. dilanjutkan dengan takbir ketiga. Kemudian medoakan jenazah dengan doa sebagai berikut:

(اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ (لَهَا) وَارْحَمْهُ (هَا) وَعَافِهِ (هَا) وَاعْفُ عَنْهُ (هَا

Artinya:
“Ya Allah, ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia."

Atau doa yang lebih panjang dengan bacaan:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ (لَهَا) وَارْحَمْهُ (هَا) وَعَافِهِ (هَا) وَاعْفُ عَنْهُ (هَا)، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ (هَا)، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ (هَا)، وَاغْسِلْهُ (هَا) بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ (هَا) مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ (هَا) دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ (هَا)، وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ (هَا)، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ (هَا)، وَقِهِ (هَا) فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّار

Artinya:
“Ya Allah, ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, salju, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Dan peliharalah ia (lindungilah) dari azab kubur dan azab neraka.”


5. Takbir Keempat diikuti dengan doa
Setelah mendoakan jenazah secara khusus dan melakukan takbir keempat, maka dilanjutkan dengan membaca doa:
اَللّٰهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Artinya:
"Ya Allah, janganlah kiranya pahalanya tidak sampai kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia."

Atau doa yang lebih lengkap:

اَللّٰهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ وَلَاِ خْوَا نِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَاتَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَااِنَّكَ رَؤُفٌ رَّحِيْمٌ

Artinya:
"Ya Allah, janganlah kiranya pahalanya tidak sampai kepada kami, dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia, dan bagi saudara-saudara kita yang mendahului kita dengan iman, dan janganlah Engkau menjadikan gelisah dalam hati kami dan bagi orang-orang yang beriman. Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkaulah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

6. Membaca Salam.
Setelah selesai membaca doa setelah takbir keempat, maka shalat ditutup dengan mengucapkan salam, dengan bacaan sebagai berikut:

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْتُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Artinya:
"Keselamatan dan rahmat Allah semoga tetap pada kamu sekalian."

Demikian bacaan dan tata cara shalat jenazah dengan bacaan doa dalam tulisan Arab disertai terjemahnya. Jangan lupa saat kita melakukan takziah untuk selalu menyempurnakannya dengan men-shalatkan jenazah dan mengiringinya ke tempat pemakaman. Semoga apa yang kami tulis ini bermanfaat.