Tulisan Arab Surat Ali Imran Ayat 121-129 dan Terjemah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
SURAT ALI IMRAN AYAT 121-129

وَإِذْ غَدَوْتَ مِنْ أَهْلِكَ تُبَوِّئُ الْمُؤْمِنِيْنَ مَقَاعِدَ لِلْقِتَالِۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ ۙ١٢١
121. Dan (ingatlah), ketika engkau (Muhammad) berangkat pada pagi hari meninggalkan keluargamu untuk mengatur orang-orang beriman pada pos-pos pertempuran.-* Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui,

إِذْ هَمَّتْ طَّائِفَتٰنِ مِنْكُمْ أَنْ تَفْشَلَاۙ وَاللّٰهُ وَلِيُّهُمَاۗ وَعَلَى اللّٰهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُوْنَ   ١٢٢
122. ketika dua golongan dari pihak kamu,-* ingin (mundur) karena takut, padahal Allah adalah penolong mereka. Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal.

وَلَقَدْ نَصَرَكُمُ اللّٰهُ بِبَدْرٍ وَّأَنْتُمْ أَذِلَّةٌۚ فَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ ١٢٣
123. Dan sungguh,  Allah telah menolong kamu dalam Perang Badar, padahal kamu dalam keadaan lemah.-* Karena itu bertakwalah kepada Allah, agar kamu mensyukuri-Nya.

إِذْ تَقُوْلُ لِلْمُؤْمِنِيْنَ أَلَنْ يَّكْفِيَكُمْ أَنْ يُّمِدَّكُمْ رَبُّكُمْ بِثَلٰثَةِ اٰلَافٍ مِّنَ الْمَلٰئِكَةِ مُنْزَلِيْنَ ۗ١٢٤
124. (Ingatlah), ketika engkau (Muhammad) mengatakan kepada orang-orang beriman, "Apakah tidak cukup bagimu bahwa Allah membantu kamu dengan tiga ribu malaikat yang diturunkan (dari langit)?".

بَلٰىۙ إِنْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوا وَيَأْتُوْكُمْ مِّنْ فَوْرِهِمْ هَذٰا يُمْدِدْكُمْ رَبُّكُمْ بِخَمْسَةِ اٰلَافٍ مِّنَ الْمَلٰئِكَةِ مُسَوِّمِيْنَ ١٢٥
125. "Ya" (cukup). Jika kamu bersabar dan bertakwa ketika mereka datang menyerang kamu dengAn tiba-tiba, niscaya Allah menolongmu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda.

وَمَا جَعَلَهُ اللّٰهُ إِلَّا بُشْرٰى لَكُمْ وَلِتَطْمَئِنَّ قُلُوْبُكُمْ بِهٖۗ وَمَا النَّصْرُ إِلَّا مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ الْعَزِيْزِ الْحَكِيْمِ ۙ١٢٦
126. Dan Allah tidak menjadikannya (pemberian bala bantuan itu) melainkan sebagai kabar gembira bagi (kemenangan)mu, dan agar hatimu tenang karenanya. Dan tidak ada kemenangan itu, selain dari Allah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.

لِيَقْطَعَ طَرَفًا مِّنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا أَوْ يَكْبِتَهُمْ فَيَنْقَلِبُوْا خَائِبِيْنَ ١٢٧
127. (Allah menolong kamu dalam Perang Badar dan memberikan bantuan) adalah untuk membinasakan segolongan orang kafir,-* atau untuk menjadikan mereka hina, sehingga mereka kembali tanpa memperoleh apa pun.

لَيْسَ لَكَ مِنَ الْأَمْرِ شَيْءٌ أَوْ يَتُوْبَ عَلَيْهِمْ أَوْ يُعَذِّبَهُمْ فَإِنَّهُمْ ظٰلِمُوْنَ ١٢٨
128. Itu bukan menjadi urusanmu (Muhammad)-* apakah Allah menerima tobat mereka, atau mengazabnya, karena sesungguhnya mereka orang-orang zalim.

وَلِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْأَرْضِۗ يَغْفِرُ لِمَنْ يَّشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَّشَاءُۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ؑ١٢٩
129. Dan milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki, dan mengazab siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

*Keterangan:
  • Ayat 121, Peristiwa tersebut terjadi pada Perang Uhud yang menurut para ahli sejarah terjadi pada tahun ke-3 H.
  • Ayat 122, Dua golongan itu adalah Bani Salamah dari Suku Khazraj dan Bani Harisah dari Suku Aus, keduanya dari barisan kaum muslimin.
  • Ayat 123, Pada saat itu keadaan kaum muslimin lemah karena jumlah mereka sedikit dan perlengkapan juga sangat kurang jika dibandingkan musuh.
  • Ayat 127, Membinasakan dengan terbunuhnya tujuh puluh pemimpin mereka dan tertawannya tujuh puluh orang lainnya.
  • Ayat 128, Ayat ini turun karena Nabi Muhammad Saw. berdoa kepada Allah agar menyelamatkan sebagian pemuka musyrikin dan membinasakan sebagian lainnya.
 ayat selanjutnya>>>

Bacaan (tulisan Arab) dan Terjemah Surat Ali Imran Ayat 121-129

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel