Agar Widget Hanya Tampil di Homepage atau Halaman Tertentu Saja

Sakaran- Bagaimana cara membuat widget/ gadget hanya tampil pada halaman depan (homepage) atau pada halaman tertentu? Mungkin itulah pertanyaan yang kerap kali ada dalam hati seorang bloger pemula seperti kami. Timbulnya pertanyaan itu memaksa kita untuk mencari tahu jawaban, entah bertanya ke bloger senior atau melalui google. Yang penting berusaha, pasti bisa! Itulah keyakinanku saat pertama kali mengutak-atik tampilan untuk beberapa blog kami. Dan tentu saja jawaban itu pasti didapat dengan semua usaha maksimal kita.

Dari pencarian melalui google, kami dapatkan beberapa jawaban dari sumber yang berbeda. Dan kami pun tentu memilih jawaban yakni cara termudah untuk menampilkan widget/ gadget hanya pada halaman depan blog (home) atau halaman tertentu. Nah jika anda ingin membuat widget/gadget itu tampil di halaman sesuai dengan keinginan kita, mungkin beberapa langkah ini akan memudahkan kita untuk menampilkan widget/gadget tertentu pada halaman tertentu juga seperti halaman depan (homepage).

Widget Hanya Tampil di Halaman Depan (Homepage) 
Langsung saja kami tuliskan langkah-langkah yang paling mudah untuk membuat widget agar tampil di halaman depan blog (home) saja atau hanya terlihat pada halaman tertentu sesuai keinginan. Berikut langkah-langkah mudahnya:
1. Silahkan login ke blogger, dan masuk ke Template lalu Edit HTML
2. Cari widget/ gadget yang ingin kita edit agar tampil di halaman depan (homepage) atau halaman tertentu sesuai keinginan.
3. Jika sudah ketemu HTML Widget/ gadget yang akan diedit, maka tambahkan kode html:
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
sisipkan setelah <b:includable id='main'>
dan tutup dengan kode html:
</b:if>
yang sisipkan sebelum </b:includable>. Agar lebih mudah, berikut gambar dimana kita meletakkan kode html tersebut.
Kode html agar Widget Hanya Tampil di Halaman Depan (Homepage) atau Halaman Tertentu Saja caption
4. Langkah terakhir adalah klik Simpan template!

Widget Hanya Tampil di Halaman Tertentu
Nah, mudah bukan membuat widget/ gadget agar tampil di homepage saja. Lalu bagaimana dengan widget yang hanya tampil di halaman tertentu? Caranya sama, edit html gadget dengan kode html berikut ini:
<b:if cond='data:blog.url == "URL Halaman anda di sini"'>
Kode Widget
</b:if>

Widget Hanya Tampil di Halaman Postingan
Sedangkan jika widget/ gadget hanya ingin tampil pada halaman postingan saja maka edit html dengan cara yang sama dengan menyisipkan kode html berikut ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
Kode widget

</b:if>

Sekian tulisan ini semoga bisa bermanfaat untuk para bloger pemula seperti kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel