Dosa Sombong dan Keinginan, Yang Dilakukan Pertama Oleh Makhluk

Setiap manusia pastilah mempunyai dosa, baik itu dosa maupun kecil. Baik dosa yang disadari maupun yang tak disadari. Tahukah dosa apakah yang pertama kali dilakukan oleh makhluk? Dosa yang prertama kali dilakukan makhluk Allah adalah sombong atau takabur. Yaitu dosa yang dilakukan oleh iblis yang merasa lebih baik karena diciptakan dari api dari pada Adam yang diciptakan dari tanah. Karena dosa sombong itulah Allah melaknat Iblis.
Dosa sombong juga dilakukan oleh Firaun yang diberi kekuasaan. Dosa sombong juga dibuat oleh Qarun yang memiliki kekayaan. Dia tidak mensyukuri yang mengatakan kekayaan yang hasil dari hasil kecerdasanya atau dia dapatkan dari ilmunya dan tidak mengakui bahwa kekayaan itu merupakan karunia Allah. Sombong Qarun itu mengantarkan dosa yang membuat dirinya dilaknat oleh Allah.

Nabi Muhammad Saw bersabda, "Tidak masuk surga orang yang di dalam hatinya ada kesombongan,walaupun seberat zarah. Maka Sahabat bertanya, "Sesungguhnya ada orang yang suka memakai pakaian yang bagus dan sandal yang bagus?" Maka Nabi Saw bersabda, "Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia."

Dari hadis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa:
  1. dosa sombong adalah dosa besar
  2. kita dilarang bersifat sombong
  3. kita dianjurkan berpenampilan baik
  4. kita dianjurkan untuk menghargai orang lain
  5. kita dilarang menolak kebenaran
Dosa sombong adalah dosa ajaran Iblis, Iblis sombong karena merasa lebih baik asal usulnya daripada Adam a.s karena diciptakan dari api.

Sedangkan dosa pertama kali yang dilakukan oleh manusia pertama kali adalah dosa karena kepingin (keinginan). Yaitu keinginan sehingga mengikuti syahwat dan godaan setan. Dosa pertama kali itu dilakukan oleh Nabi Adam yang memakan buah yang dilarang oleh Allah SWT. Allah telah memberikan kenikmatan dan kebebasan kepada Nabi Adam dan Hawa namun Allah melarang untuk mendekati sebuah pohon. Namun Adam a.s. yang telah tergoda setan untuk hidup kekal sehingga Adam pun tergoda dan berkeinginan memakan buah dari pohon Kuldi (Keabadian) karena keinginannya hidup kekal atau menjadi malaikat atas propaganda setan.

Saat ini banyak sekali dosa yang dilakukan manusia karena keinginan yang merupakan godaan setan. Karena keinginan itulah manusia mencuri, merampok dan menipu karena keinginan untuk kaya. Manusia zina, memperkosa, hura-hura, mabuk mabukan dan karena ingin kenikmatan. Dosa itu disebabkan oleh keinginan.

Dari banyak cerita karena kesombongan dan keinginan itu, marilah kita lebih berhati hati agar tidak terjerumus dalam kesombongan dan keinginan yang menyebabkan kita melakukan dosa dosa. Jangan sampai kita tergoda setan dengan selalu berdoa dan berlindung kepada Allah SWT agar kita selamat dari azab Allah. Amin.
(Ustad Suratno, BSI)
Dosa Sombong dan Keinginan, Yang Dilakukan Pertama Oleh Makhluk
Dosa Sombong dan Keinginan, Yang Dilakukan Pertama Oleh Makhluk/ Gambar Pohon Pandora Avatar: islandbreath.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel