[Ngaji online] Bacaan (tulisan Arab) dan terjemah Surat Al An'am ayat 1-10

Bacaan (tulisan Arab) dan terjemah Surat Al An'am ayat 1-10
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمٰتِ وَالنُّوْرَ.ۗ ثُمَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُوْنَ ١
1. Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, dan menjadikan gelap dan terang, namun demikian orang orang kafir masih mempersekutukan Tuhan mereka dengan sesuatu.

هُوَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ طِيْنٍ ثُمَّ قَضٰٓى اَجَلًاۗ وَاَجَلٌ مُّسَمًّى عِنْدَهٗ ثُمَّ اَنْتُمْ تَمْتَرُوْنَ     ٢
2. Dialah yang menciptakan kamu dari tanah, kemudian Dia menetapkan ajal (kematianmu), dan batas waktu tertentu yang hanya diketahui-Nya. Namun demikian kamu masih meragukannya.

وَهُوَ اللّٰهُ فِى السَّمٰوٰتِ وَفِى الْاَرْضِۗ يَعْلَمُ سِرَّكُمْ وَجَهْرَكُمْ وَيَعْلَمُ مَا تَكْسِبُوْنَ  ٣
3. Dan Dialah Allah (yang disembah), di langit maupun di bumi; Dia mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan dan mengetahui (pula) apa yang kamu kerjakan.

وَمَا تَأْتِيْهِمْ مِّنْ اٰيَةٍ مِّنْ اٰيٰتِ رَبِّهِمْ اِلَّا كَانُوْا عَنْهَا مُعْرِضِيْنَ ٤
4. Dan setiap dari ayat ayat* Tuhan yang sampai kepada mereka (orang kafir), semuanya selalu diingkarinya.

فَقَدْ كَذَّبُوْا بِالْحَقِّ لَمَّا جَآءَهُمْۗ فَسَوْفَ يَأْتِيْهِمْ اَنْبٰٓؤُا مَا كَانُوْا بِهٖ يَسْتَهْزِئُوْنَ ٥
5. Sungguh, mereka telah mendustakan kebenaran (Al Quran) ketika sampai kepada mereka, maka kelak akan sampai kepada mereka (kenyataan dari) berita berita yang selalu mereka perolok olokan.

اَلَمْ يَرَوْا كَمْ اَهْلَكْنَا مِنْ قَبْلِهِمْ مِّنْ قَرْنٍ مَّكَّنّٰهُمْ فِى الْاَرْضِ مَا لَمْ نُمَكِّنْ لَّكُمْ وَاَرْسَلْنَا السَّمَآءَ عَلَيْهِمْ مِدْرَارًاۖ وَّجَعَلْنَا الْاَنْهٰرَ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمْ فَاَهْلَكْنٰهُمْ بِذُنُوْبِهِمْ وَأَنْشَأْنَا مِنْ بَعْدِهِمْ قَرْنًا اٰخَرِيْنَ ٦
6. Tidakkah mereka memperhatikan berapa banyak generasi sebelum mereka yang telah Kami binasakan, padahal (generasi itu), telah Kami teguhkan kedudukannya di bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu. Kami curahkan hujan yang lebat untuk mereka dan Kami jadikan sungai sungai yang mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan generasi yang lain setelah generasi mereka.

وَلَوْ نَزَّلْنَا عَلَيْكَ كِتٰبًا فِيْ قِرْطَاسٍ فَلَمَسُوْهُ بِاَيْدِيْهِمْ لَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْآ اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ ٧
7. Dan sekiranya Kami turunkan kepadamu (Muhammad) tulisan di atas kertas, sehingga mereka dapag memegangnya dengan tangan mereka sendiri, niscaya orang orang kafir itu akan berkata, 'Ini tidak lain hanya sihir yang nyata."

وَقَالُوْا لَوْلَآ اُنْزِلَ عَلَيْهِ مَلَكٌۗ وَلَوْ اَنْزَلْنَا مَلَكًا لَّقُضِيَ الْاَمْرُ ثُمَّ لَا يُنْظَرُوْنَ ٨
8. Dan mereka berkata, "Mengapa tidak diturunkan kepadanya (Muhammad)?"* Jika Kami turunkan malaikat (kepadanya), tentu selesailah urusan itu,* tetapi mereka tidak diberi penangguhan (sedikit pun).

وَلَوْ جَعَلْنٰهُ مَلَكًا لَّجَعَلْنٰهُ رَجُلًا وَّلَلَبَسْنَا عَلَيْهِمْ مَّا يَلْبِسُوْنَ ٩
9. Dan sekiranya rasul itu Kami jadikan (dari) malaikat, pastilah Kami jadikan dia berwujud laki laki, dan (dengan demikian) pasti Kami akan menjadikan mereka tetap ragu sebagaimana kini mereka ragu.*

وَلَقَدِ اسْتُهْزِئَ بِرُسُلٍ مِّنْ قَبْلِكَ فَحَاقَ بِالَّذِيْنَ سَخِرُوْا مِنْهُمْ مَّا كَانُوْا بِهٖ يَسْتَهْزِئُوْنَؑ ١٠
10. Dan sungguh, beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad) telah diperolok olokkan, sehingga turunlah azab kepada orang orang yang mencemoohkan itu sebagai balasan olok olokkan mereka.



*Keterangan:
  • "Ayat" yang dimaksud dalam ayat ini adalah mukjizat atau Al Quran atau peristiwa peristiwa yang terjadi dalam alam yang menunjukkan kekuasaan Allah.
  • Untuk menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW itu adalah seorang nabi.
  • Kalau diturunkan kepada mereka malaikat, sedang mereka tidak beriman, tentulah mereka akan diazab oleh Allah, sehingga mereka binasa semuanya.
  • Kalau Allah mengutus malaikat sebagai rasul tentu Allah mengutusnya dalam bentuk manusia karena manusia tidak dapat melihat malaikat dan tentu juga mereka akan berkata, "Ini bukanlah malaikat, hanya manusia sebagaimana kami juga." Jadi mereka akan tetap ragu ragu.
Terimakasih telah ngaji online, ngaji bareng bersama sakaran.com. Silakan ngaji online dengan ayat dan surat lain. Semoga dengan memperbanyak membaca ayat ayat suci Al Quran akan menjadi amal ibadah yang diridhai Allah, menjadi penenang hati kita dan menjadi penyelamat kita di akhirat nanti. Amin.

0 Response to "[Ngaji online] Bacaan (tulisan Arab) dan terjemah Surat Al An'am ayat 1-10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel