[Ngaji online] Bacaan (tulisan Arab) dan terjemah Surat Al Maidah ayat 1-5

Bacaan (tulisan Arab) dan terjemah Surat Al Maidah ayat 1-5
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

يٰٓاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْآ اَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِۗ اُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيْمَةُ الْاَنْعَامِ اِلَّا مَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ غَيْرَ مُحِلِّى الصَّيْدِ وَاَنْتُمْ حُرُمٌۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ مَا يُرِيْدُ ١
1. Wahai orang orang yang beriman! Penuhilah janji janji.* Hewan ternak dihalalkan bagimu, kecuali yang akan disebutkan kepadamu, dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram (haji atau umrah). Sesungguhnya Allah menetapkan hukum sesuai dengan yang Dia kehendaki.

يٰٓا اَيُّهَا الَّذِينَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَآئِرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَآئِدَ وَلَآ اٰمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًاۗ وَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ أَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْاۘ وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِۖ وَاتَّقُوْا اللّٰهَۗ اِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ٢
2. Wahai orang orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar syiar kesucian Allah*, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan bulan haram*, jangan (mengganggu) hadyu (hewan hewan kurban)* dan qalaid (hewan hewan kurban yang diberi tanda)*, dan jangan (pula) mengganggu orang orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridhaan Tuhannya.* Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena merek menghalang halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampui batas (kepada mereka)*. Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksa-Nya.

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيْرِ وَمَآ اُهِلَّ لِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوْذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيْحَةُ وَمَآ اَكَلَ السَّبُعُ اِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْۗ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَاَنْ تَسْتَقْسِمُوْا بِالْاَزْلَامِۗ ذٰلِكُمْ فِسْقٌۗ اَلْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ دِيْنِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِۗ اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ فَمَنِ اضْطُرَّ فِيْ مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّاِثْمٍۙ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُورٌ رَّحِيْمٌ ٣
3. Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah *, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih.* Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah),* (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini * orang orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takug kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu. Tetapi barang siapa terpaksa * karena lapar bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

يَسْئَلُوْنَكَ مَاذَآ اُحِلَّ لَهُمْۗ قُلْ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبَاتُۙ وَمَا عَلَّمْتُمْ مِنَ الْجَوَارِحِ مُكَلِّبِيْنَ تُعَلِّمُوْنَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَكُمُ اللّٰهُ فَكُلُوْا مِمَّآ اَمْسَكْنَ عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلَيْهِۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَۗ اِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ ٤
4.Mereka bertanya kepadamu (Muhammad), "Apakah yang dihalalkan bagi mereka?" Katakanlah, "Yang dihalalkan bagimu (adalah makanan) yang baik baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang pemburu yang telah kamu latih untuk berburu, yang kamu latih menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah apa yang ditangkapnya untukmu,* dan sebutlah nama Allah (waktu melepasanya). Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya."

اَلْيَوْمَ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۗ وَطَعَامُ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ حِلٌّ لَّكُمْۖ وَطَعَامُكُمْ حِلٌّ لَّهُمْۖ وَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ الْمُؤْمِنٰتِ وَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلِكُمْ اِذَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّ مُحْصِنِيْنَ غَيْرَ مُسَافِحِيْنَ وَلَا مُتَّخِذِيْٓ اَخْدَانٍۗ وَمَنْ يَّكْفُرْ بِالْاِيْمَانِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهٗۖ وَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَؑ ٥
5. Pada hari ini dihalalkan bagimu segala yang baik baik. Makanan (sembelihan) Ahli Kitab itu halal bagimu, dan makananmu halal bagi mereka. Dan (dihalalkan bagimu menikahi) perempuan perempuan yang menjaga kehormatan* di antara perempuan perempuan yang beriman dan perempuan perempuan yang menjaga kehormatan di antara orang orang yang diberi kitab sebelum kamu, apabila kamu membayar maskawin mereka untuk menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan bukan untuk menjadikan perempuan piaraan. Barang siapa kafir setelah beriman maka sungguh, sia sia amal mereka dan di akhirat dia termasuk orang orang yang rugi.




* Keterangan:
  • Janji di sini adalah janji setia hamba kepada Allah dan perjanjian yang dibuat oleh manusia dalam pergaulan sesamanya.
  • Syiar syiar kesucian Allah adalah segala macam amalan yang dilakukan dalam rangka ibadah haji seperti tawaf dan sa'i. Tempat tempat mengerjakannya seperti Ka'bah, Safa dan Marwah.
  • Bulan Haram adalah Zulkaidah, Zulhijah, Muharam dan Rajab. Dan pada bulan itu dilarang melakukan peperangan.
  • Hadyu adalah hewan yang disembelih sebagai pengganti (dam) pekerjaan wajib yang ditinggalkan, atau sebagai denda karena melanggar hal hal terlarang mengerjakannya di dalam ibadah haji.
  • Qalaid adalah hewan hadyu yang diberi kalung, agar diketahui orang bahwa hewan itu telah diperuntukkan untuk dibawa ke Ka'bah.
  • Yang dimaksud dengan karunia adalah keuntungan yang diberikan Allah dalam perjalanan, ibadah haji, sedangkan keridhaan Allah ialah pahala dari amalan haji.
  • Darah yang keluar dari tubuh, sebagaimana tersebut dalam Al An'am:145.
  • Hewan tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas adalah halal kalau sempat disembelih dengan membaca nama Allah sebelum hewan tersebut mati.
  • Al Azlam artinya anak panah yang belum memakai bulu. Orang Arab Jahiliyah menggunakan anak panah yang belum memakai bulu untuk menentukan apakah mereka akan melakukan suatu perbuatan atau tidak. Caranya adalah dengan mengambil tiga anak panah yang belum memakai bulu dengan ditulis "lakukanlah", "jangan lakukan", dan yang ketiga tanpa tulisan kemudian diletakkan dalam sebuah tempat dan disimpan dalam Ka'bah. Jika mereka hendak melakukan sesuatu perbuatan maka mereka meminta juru kunci Ka'bah untuk mengambilkan satu anak panah. Jika tulisan dalam anak panah tersdebut bertuliskan "lakukanlah" maka mereka akan melakukan dan jika "jangan lakukan", maka mereka tidak akan melakukan perbuatan itu sedangkan anak panah tanpa tulisan maka akan diulangi kembali undian tersebut.
  • Yang dimaksud dengan hari di sini adalah: masa haji wada', haji terakhir yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.
  • Diperbolehkan memakan makanan yang diharamkan oleh ayat ini jika sangat terpaksa.
  • Buruan yang ditangkap binatang buas semata mata untukmu  dan tidak sedikitpun dimakan oleh binatang itu.
  • Sebagian musafir mengatakan perempuan perempuan yang merdeka.

Ngaji online, ngaji bareng dengan sakaran.com dengan ayat dan surat lain. Semoga dengan memperbanyak membaca ayat ayat suci Al-Quran hati kita menjadi tenang.
 Ayat selanjutnya>>>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel