Jadwal MotoGP 2017, Indonesia Bakal Jadi Tuan Rumah

Sakaran- Menjelang balapan MotoGP 2016 ini, sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya pecinta balapan MotoGP sudah mulai penasaran. Tidak hanya dengan sesi-sesi balapan yang akan digelar pada tahun ini. Namun, keikutsertaan Indonesia sebagai tuan rumah bakal menjadi harapan besar bagi masyarakat kita. Sirkuit Sentul, akan diprediksi akan menjadi tempat bertarungnya rider-rider dari berbagai penjuru dunia di ajang MotoGP 2017 nanti.

Namun Sirkuit Sentul yang sudah diprediksi menjadi tuan rumah MotoGP 2017 ini baru bisa diresmikan menjadi tuan rumah pada perhelatan MotoGP 2017 nanti setelah tercapainya kesepakatan antara Pemerintah RI dan pihak otoritas MotoGP (Dorna).  Kementrian Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi menandatangani letter of intent (LOI) dengan pihak Dorna dalam rangka legalisasi penggunaan sirkuit Sentul pada 20 November 2015, sebagaimana telah diberitakan di Crash sebelumnya.

Dengan adanya kesepakatan itu, Harapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah pada ajang MotoGP kian lebih dekat dan menjadi kenyataan. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Indonesia. Mengingat Sirkuit Sentul tersebut harus dirombak sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat untuk bisa digunakan balapan dalam ajang pacuan kuda besi bertaraf internasional itu.

Seperti dikutip dari Crash melalui jadwalmotogp.xyz, pihak pengelola Sirkuit Sentul yang diwakili oleh Tinton Soeprapto menyampaikan bahwa kondisi sirkuit saat ini memang belum memenuhi kriteria standar internasional. Sehingga diperlukan kerja keras untuk menjadikan arena yang terletak di desa Sentul, Bogor tersebut siap pakai pada perhelatan MotoGP 2017 mendatang. Ditambahkan pihak pengelola Sentul Circuit, adapun rencana perombakan yang akan dilakukan yaitu dengan memperpanjang arena sirkuit yang pernah menjadi tuan rumah dalam balapan MotoGP 1996-1997  tersebut dari 3,9 KM menjadi 4,4 KM. Selain itu, jumlah tikungan akan bertambah dari 11 menjadi 14 tikungan.



“Kita memiliki banyak masyarakat pecinta MotoGP, pabrikan motor terbesar pun menjadi ikon bangsa Indonesia, sehingga sangat disayangkan jika kita tidak mengambil bagian menjadi tuan rumah dalam ajang balapan paling bergengsi tersebut”, pungkas Soeprapto (dikutip dari Crash).

Dengan demikian sembari menunggu kabar tentang resminya Sirkuit Sentul menjadi tuan rumah MotoGP 2017, kita tunggu juga balapan MotoGP 2016 yang sebentar lagi akan dimulai. Pada tanggal 20 Maret 2016, laga balapan ini akan dimulai untuk perdana di Qatar. 18 gelaran MotoGP akan dilaksanakan di tahun ini. Masih tetapkah pebalap MotoGP jagoan anda atau sudah mulai menjagokan pebalap lain di tahun ini. Yang pasti, semoga di tahun 2017, Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP 2017.

Update>>> Jadwal MotoGP 2017
Klik link di atas untuk mengetahui jadwal MotoGP 2017.

Lihat juga jadwal balapan MotoGP 2016 disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel