Sakaran Indonesia

Sakaran
Gapura pintu masuk Sakaran
Merupakan sebuah nama sebuah dusun, yang masuk ke dalam Pedukuhan Kepuh Kulon RT 05, Kelurahan Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan masuknya di wilayah Kelurahan Wirokerten, maka mempunyai Kode Pos 55194. Secara geografis Sakaran berbatasan dengan dusun Sawo di sebelah utara. Di sebelah timur, Sakaran berbatasn dengan dusun Kepuh Tegal. Dan sebelah selatan dan barat berbatasan dengan dusun Sampangan yang dibatasi oleh Sungai Gajah Wong.

Berada kurang lebih 1 km dari jalan raya, membuat dusun ini merasa nyaman untuk menjadi tempat tinggal para penduduknya. Meskipun seiring bertambahnya kepadatan penduduk, persawahan di kawasan ini pun ikut berkurang. Masyarakat di dusun ini mempunyai  berbagai pekerjaan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Mulai dari pegawai negeri, wiraswasta, pengrajin batu bata merah, pengrajin perak, petani, produsen kue, produsen emping mlinjo, tukang batu, dan masih banyak lainnya. Yang hobi koleksi batu akik, di dusun ini ada pengrajin emban dari perak yang murah dengan kualitas tinggi.

Kurang lebih ada 83 kepala keluarga yang menetap dan tinggal di Sakaran yang menganut agama Islam secara keseluruhan. Ditengah dusun ini terdapat sehuah masjid yang digunakan untuk shalat berjamaah yang diberi nama Masjid Al-Mubarokah. Yang menarik dari masyarakat dusun ini adalah kegotong royongan yang masih dijaga sampai saat ini. Hal itu menambah suasana nyaman di dusun Sakaran. Yang penasaran, silahkan berkunjung ke tempat ini. Masyarakatnya ramah ramah...

Dari itulah, Sakaran Indonesia yang terlahir dari dusun Sakaran hadir di dunia maya bersama netizen lain. Dengan tujuan bisa saling memberikan manfaat dalam hal kebaikan melalui website atau sekedar blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel