Orang Miskin Tidak Meminta-minta Berhak Menerima Sedekah

Bijak dalam memberikan sedekah, kepada siapa kita akan memberikan sedekah atau zakat? Ternyata di sekitar kita masih banyak orang yang berhak menerima sedekah, salah satunya adalah orang miskin yang bersabar dan tidak meminta minta. Berikut sebuah hadis yang berkaitan dengan siapa yang lebih berhak menerima sedekah di sekitar kita.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah SAW bersabda, "Orang miskin bukanlah orang yang berkeliling keliling meminta minta, lalu diberi satu atau dua suap makanan, dan satu atau dua buah kurma."
Sahabat bertanya, "Siapakah orang miskin itu wahai Rasulullah?"
Beliau menjawab, "Orang miskin ialah orang yang tidak mendapatkan kekayaan untuk menutupi kebutuhan hidupnya, namun keadaannya (kemiskinannya) tidak diketahui orang banyak (karena dia bersabar dan tidak meminta minta). Oleh karena itu, dia layak diberi sedekah, dia sama sekali tidak meminta minta kepada orang orang."
(HR. Muslim)


Hadis diatas jelas menerangkan bahwa kita diperintahkan untuk memberikan sedekah atau berzakat yang diberikan kepada orang miskin yang memang layak menerimanya. Siapakah orang miskin yang dimaksud, Rasulullah menerangkan bahwa orang miskin itu bukanlah orang yang minta minta kepada orang orang dengan cara berkeliling dari satu rumah ke rumah lain atau di jalanan. Namun orang miskin yang memang bersabar dengan keadaan kekurangan, dan kemiskinannya, yang tidak meminta minta.

Melihat dari hadis tersebut, mungkin harus lebih bijak siapa yang berhak menerima sedekah kita. Tidak salah jika kita memberi sedekah kepada orang yang meminta minta, namun alangkah lebih baik kalau kita benar benar tepat dalam memilih penerima sedekah. Karena di sekitar kita masih banyak orang miskin yang seperti disebutkan Rasulullah, yang dia bersabar dan tidak meminta minta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel