Menyikapi Sifat Loba Harta Benda dan Umur Panjang (hadits)

Sakaran - Berikut ini sebuah hadis menjelaskan sifat dasar manusia, diantaranya loba kepada harta benda dan umur panjang.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a.: Rasulullah SAW bersabda, "Anak Adam itu akan menua, namun dua perkara ini akan tetap muda baginya, yaitu loba kepada harta benda dan umur panjang."
(HR. Muslim)

Dengan berpegang teguh kepada agama maka kita akan terhindar akan dua sifat manusia itu. Karena loba terhadap harta benda sangat bertentangan dengan ajaran Islam yang memerintahkan untuk berzakat atau bersedekah.

Sebagai umat Islam kita sudah diajarkan oleh Rasulullah tentang bagaimana menjalani kehidupan yang berimbang antara dunia dan akhirat. Kita diajarkan bagaimana mempersiapkan akhirat dengan berpikir seolah olah kita akan mati esok hari. Sedangkan hidup dunia, seolah olah kita akan berusia ribuan tahun dalam riwayat hadis lain. Tentunya, dunia yang dimaksud adalah menggapai dunia secara islami yang bermanfaat untuk akhirat, bukan loba terhadap harta benda.

*Dalam kamus besar bahasa Indonesia loba berarti selalu ingin mendapat (memiliki) banyak-banyak; serakah; tamak dan sejenisnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel