HTML Dasar Untuk Membuat Tabel

Sebelum belajar membuat tabel, apa sebenarnya fungsinya tabel. Setelah mencari dari berbagai sumber lewat pencarian google search. Satu jawaban terbaik dari fungsi adalah membantu pembaca mendapatkan gambaran secara sistematis akan data-data yg terlibat dalam isi teks, yang bertujuan mempermudah pembaca dalam memahami isi teks. Atau bisa juga untuk mengelompokkan data-data yang disampaikan dalam teks secara terstruktur, sehingga mempermudah pembaca dalam memahami isi teks secara keseluruhan.


Nah bagaimana cara membuat tabel menggunakan kode kode HTML. Berikut sedikit gambaran pembuatan tabel menggunakan kode HTML. Karena saat ini saya juga masih dalam proses tahap belajar, maka kita sama sama belajar membuat tabel menggunakan kode HTML dasar saja. Kode HTML tersebut menggunakan <table> untuk menandai sebuah tabel, <tr> untuk membentuk baris, dan <td> untuk membentuk kolom. Langsung saja kita coba praktekkan kode kode HTML dasar yang kita buat yang akan menjadi tabel.

Setelah kita buat kode HTML dasar tersebut, sebagai contoh adalah kode HTML dasar seperti dibawah. Kode HTML dasar dengan tabel yang memiliki dua baris dan dua kolom. Berikut kodenya:

<table border=1>
<tr>
<td>Hari</td>
<td>Tanggal</td>
</tr>
<tr>
<td>Senin</td>
<td>1</td>
</tr>
</table>

Dari kode HTML dasar diatas bisa kita buat tabel seperti dibawah ini:

Hari Tanggal
Senin 1

Border merupakan ketebalan garis tabel, jika ingin tidak bergaris maka border bisa diisikan dengan angka nol. Jika teman ingin menambahkan baris bisa gunakan <tr></tr> dan untuk menambahkan kolom dengan <td></td>.

Semoga HTML dasar ini bisa bermanfaat untuk membuat dasar tabel teman. Terimakasih atas kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel