Tidak Akan Masuk Neraka, Barang Siapa Bersaksi Tiada Tuhan Selain Allah dan Muhammad Utusan-Nya

Tidak Akan Masuk Neraka, Barang Siapa Bersaksi Tiada Tuhan Selain Allah dan Muhammad Utusan-Nya
Sakaran - Keimanan merupakan anugerah dari Allah. maka tentu kita harus menjaganya dengan baik. Kita pupuk keimanan itu dengan melakukan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Berikut ini sebuah hadits menjelaskan bahwa seseorang tidak akan masuk neraka jika dia menjaga kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya.

Diriwayatkan dari Mahmud bin Rabi, dari 'Itban bin Mabik r.a.: Saya pernah pergi ke Madinah, lalu saya bertemu 'Itban. Saya berkata kepadanya, "Ada sebuah hadits yang saya dapatkan berkenaan dengan dirimu."
'Itban berkata, "Mata saya telah terkena penyakit (buta karena tua), kemudian saya menyuruh orang menghadap Rasulullah SAW karena saya ingin agar beliau mendatangi rumah saya, lalu mengerjakan shalat di dalamnya, dan saya akan menjadikannya musola."
Setelah itu, Nabi SAW datang bersama beberapa sahabat beliau, lalu beliau memasuki rumah saya dan mengerjakan shalat di dalamnya, sedangkan para sahabat beliau saling bercakap-cakap, lalu menyinggung-nyinggung sikap, dan perbuatan orang munafik, lebih-lebih pada Malik bin Dakhsyum. Mereka ingin beliau mendoakannya agar dia binasa, atau ditimpa kesusahan. Setelah Rasulullah SAW selesai mengerjakan shalat, beliau bersabda, "Bukankah dia bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan bahwa aku adalah utusan Allah?"
Mereka menjawab, "Benar, dia telah mengucapkannya, namun bukan dari hatinya."
Beliau bersabda, "Siapa saja yang bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku adalah utusan Allah, niscaya dia tidak akan masuk neraka atau dimakan api neraka."
Anas berkata, "Saya kagum terhadap hadits ini, lalu saya berkata kepada anak saya, "Tulislah hadits ini!"
Kemudian dia menuliskannya."

(HR. Muslim)

Semoga kita bisa menjaga iman dan takwa kita agar selamat dunia dan akhirat. Amin. Sekian dan terimakasih.
-14

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel