Home
Al-Quran
Waqof dalam membaca Al-Quran

Waqof dalam membaca Al-Quran

Kita semua pasti tahu jika dalam membaca Al-Quran terdapat beberapa wakaf yang menunjukan apakah kita harus berhenti, boleh berhenti ataupun kita dilarang untuk berhenti atau diutamakan untuk terus. 

Waqof tersebut harus kita hafalkan agar kita benar dalam membaca Al-Quran. Lalu apa saja macam waqof dalam membaca Al-Quran. Berikut adalah tanda Waqof dalam Al-Quran:


  1. Mim (م) merupakan tanda waqof lazim yang artinya kita harus berhenti saat terdapat tanda tersebut.
  2. Tha' (ط) merupakan tanda waqof mutlak, yang artinya lebih diutamakan untuk berhenti.
  3. Jim (ج) merupakan tanda Waqof Jaiz, yang artinya kita boleh berhenti pada tanda tersebut.
  4. Qif (قيف) merupakan tanda baca Waqof Qif, yang artinya lebih diutamakan untuk berhenti jika terdapat kata dengan tanda tersebut.
  5. Qola (قال) merupakan tanda Waqof Qif Aula, yang artinya diutamakan berhenti pada kata yang terdapat tanda seperti itu.
  6. Shala (صلى) merupakan tanda Waqof Muetahab Waslah (lemah), yang artinya lebih diutamakan terus saat ada tanda tersebut.
  7. Zai (ز) merupakan tanda Waqof Mujawwaz, yang artinya kita dianjurkan untuk terus / tidak berhenti, tetapi juga boleh waqof / berhenti.
  8. Shad (ص) merupakan tanda Waqof Murakhas, yang artinya saat terdapat tanda tersebut kita diperbolehkan berhenti karena darurat, misal terlalu panjang dan kehabisan nafas. Tetapi diutamakan untuk terus / tidak berhenti.
  9. Qaf (ق) merupakan tanda Waqof Qobih, yang artinya kita diutamakan untuk terus dan tidak berhenti pada tanda tersebut.
  10. Lam Alif (لا) merupakan tanda Waqof La Washal, yang artinya kita dilarang untuk berhenti dalam tanda tersebut, kecuali terdapat tanda awal ayat yang membolehkan berhenti secara mutlak maka boleh berhenti tanpa diulangi.
  11. Mu'anaqoh ( ... ...) merupakan tanda Waqof Mu'anaqoh, yang artinya kita harus berhenti pada salah satu tanda diantara kedua tanda tersebut berada pada suatu kata. Pilih salah satu untuk berhenti.
  12. Saktah (سكته) merupakan tanda Waqof Saktah Sakat, yang artinya diam sejenak biar putus suaranya dengan tanpa mengambil nafas. Dalam Waqof ini hanya terdapat empat tanda dalam Al-Quran. Yakni Surat Muthaffifin 14, Al-Qiyamah 27, Yaasiin 52, dan Al-Kahfi 1.
Nah semuanya tadi adalah waqof dalam membaca Al-Quran. Mari kita budayakan membaca Al-Quran setiap hari meskipun sedikit. Karena Allah lebih suka amalan yang dilakukan secara rutin.