Pandai dalam membeli barang via onlineshop

Internet sangat membantu kehidupan dalam banyak hal. Salah satunya adalah dalam berbelanja secara online. Melalui onlineshop kita bisa memilih produk sesuai keinginan kita tanpa harus jauh-jauh pergi ke suatu tempat. Kita tinggal memilih melalui komputer, notebook, netbook atau smartphone yang terdapat jaringan internet. Setelah melakukan transfer pembayaran, tinggal menunggu pengiriman barang.

Namun belakangan ini, banyak pelaku kejahatan untuk melakukan penipuan menggunakan modus onlineshop. Banyak pelaku penipuan memasang iklan untuk mendapatkan korban. Setelah mendapatkan pembayaran, pelaku tidak mengirimkan barang tersebut. Bahkan dengan berbagai alasan, seperti adanya masalah pengiriman barang pelaku bisa mendapatkan tambahan uang pembayaran untuk mengurusnya. Pelaku biasanya tidak bisa dihubungi lagi setelahnya.
Dari maraknya penipuan bermoduskan onlineshop, kita perlu lebih pandai dalam hal berbelanja. Jangan sampai kita menjadi korban penipuan berikutnya. Apa saja hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam bertransaksi online (onlineshop).
  • Pilih onlineshop yang sudah jelas kredibilitasnya. Biasanya onlineshop ini akan menggunakan domain berakhiran .co.id.
  • Jika membeli melalui onlineshop menggunakan jejaring sosial atau situs jual beli online, lihat umur akun dan komentar dari pelanggan, jika umur akun tersebut masih baru atau terdapat komentar yang tidak baik (telah ada korban penipuan sebelumnya) jangan percaya, atau alangkah lebih baiknya transaksi dilakukan dengan cara ketemuan (cod).
  • Jangan mudah percaya dengan penawaran barang dengan harga dibawah standart (untuk menjaga kualitas atau keasliannya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel