Home
Al-Quran
arti
bacaan
terjemah
tulisan Arab
Bacaan & Terjemah Surat Az-Zumar Ayat 22-31

Bacaan & Terjemah Surat Az-Zumar Ayat 22-31

Tulisan Arab Surat Az-Zumar ayat 22-31 (bacaan) dan terjemah.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.


أَفَمَنْ شَرَحَ اللّٰهُ صَدْرَهٗ لِلْإِسْلَامِ فَهُوَ عَلٰى نُوْرٍ مِّنْ رَّبِّهٖ ۗ فَوَيْلٌ لِّلْقٰسِيَةِ قُلُوْبُهُمْ مِّنْ ذِكْرِ اللّٰهِ ۗ أُولٰئِكَ فيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ ٢٢
Ayat 22. Maka apakah orang- orang yang dibukakan hatinya oleh Allah untuk (menerima) agama Islam lalu dia mendapat cahaya dari Tuhannya ( sama dengan orang yang hatinya membatu)? Maka celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.

اَللّٰهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيْثِ كِتٰبًا مُّتَشَابِهًا مَّثَانِيَ ۙ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُوْدُ الَّذِيْنَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ۚ ثُمَّ تَلِيْنُ جُلُوْدُهُمْ وَقُلُوْبُهُمْ إِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ ۗ ذٰلِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهْدِيْ بِهٖ مَنْ يَّشَاءُ ۗ وَمَنْ يُّضلِلِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ هَادٍ ٢٣
Ayat 23. Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Quran yang serupa (ayat- ayatnya ) lagi berulang- ulang,-*1 gemetar karena kulit orang- orang yang takut kepda TuhanNya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka ketika mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan Kitab itu Dia memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa dibiarkan sesat oleh Allah , maka tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk.

أَفَمَنْ يَّتَّقِيْ بِوَجْهِهٖ سُوْءَ الْعَذَابِ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ وَقِيْلَ لِلظّٰلِمِيْنَ ذُوْقُوْا مَا كُنْتُمْ تَكْسِبُوْنَ ٢٤
Ayat 24. Maka apakah orang- orang yang melindungi wajahnya menghindari azab yang buruk pada hari Kiamat  (sama dengan orang mukmin yang tidak kena azab)? Dan dikatakan kepada orang- orang yang zalim, "Rasakanlah olehmu balasan apa yang telah kamu kerjakan."

كَذَّبَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَأَتٰهُمُ الْعَذَابُ مِنْ حَيْثُ لَا يَشْعُرُوْنَ ٢٥
Ayat 25. Orang- orang yang sebelum mereka telah mendustakan (rasul-rasul), maka datanglah kepada mereka azab dari arah yang tidak mereka sangka.

فَأَذَاقَهُمُ اللّٰهُ الْخِزْيَ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۚ وَلَعَذَابُ الْاٰخِرَةِ أَكبَرُ ۘ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ ٢٦
Ayat 26. Maka allah menimpakan kepada mereka kehinaan pada kehidupan dunia. Dan sungguh, azab akhirat lebih besar, kalau ( saja) mereka mengetahui.

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فيْ هٰذَا الْقُرْاٰنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَّعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُوْنَ ۚ٢٧
Ayat 27. Dan sungguh, telah kami buatkan dalam Al-Quran ini segala macam perumpamaan bagi manusia agar mereka dapat pelajaran. 

قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِيْ عِوَجٍ لَّعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ ٢٨
Ayat 28. (Yaitu) Al-Quran dalam bahasa Arab, tidak ada kebengkokan (di dalamnya) agar mereka bertakwa.

ضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا رَّجُلًا فِيْهِ شُرَكَاءُ مُتَشَاكِسُوْنَ وَرَجُلًا سَلَمًا لِّرَجُلٍ هَلْ يَسْتَوِيٰنِ مَثَلًا ۗ اَلْحَمدُ لِلّٰهِ ۗ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُوْنَ ٢٩
Ayat 29. Allah membuat perumpamaan ( yaitu) seorang laki- laki ( hamba sahaya ) yang dimiliki oleh beberapa orang yang berserikat yang dalam perselisihan, dan seorang hamba sahaya yang menjadi milik penuh dari seorang ( saja). Adakah kedua hamba sahaya itu sama keadaanya? Segala puji bagi Allah, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.

إِنَّكَ مَيِّتٌ وَّإِنَّهُمْ مَّيِّتُوْنَ ۖ٣٠
Ayat 30. Sesungguhnya engkau  (Muhammad) akan mati dan mereka akan mati ( pula ).

ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ عِنْدَ رَبِّكُمْ تَخْتَصِمُوْنَ ؑ٣١
Ayat 31. Kemudian sesungguhnya kamu pada hari Kiamat akan berbantah- bantahan di hadapan Tuhanmu.


*Keterangan:
-1. Hukum-hukum, pelajaran dan kisah-kisah itu diulang-ulang menyebutnya dalam Al-Quran agar lebih kuat pengaruhnya dan lebih meresap dalam hati orang yang beriman.


---jazakallah---