Tulisan Arab Surat Al-Isra' Ayat 31-40 (Bacaan) & Terjemah

Bacaan dan terjemah Surat Al-Isra' ayat 31-40
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

وَلَا تَقْتُلُوْا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍۗ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْۗ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيْرًا ٣١
Ayat 31. Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰى إِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةًۗ وَسَاءَ سَبِيْلًا ٣٢
Ayat 32. Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.

وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّٰهُ إِلَّا بِالْحَقِّۗ وَمَنْ قُتِلَ مَظْلُوْمًا فَقَدْ جَعَلْنَا لِوَلِيِّهٖ سُلْطٰنًا فَلَا يُسْرِفْ فِى الْقَتْلِۗ إِنَّهٗ كَانَ مَنْصُوْرًا ٣٣
Ayat 33. Dan janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah (membunuhnya), kecuali dengan suatu (alasan) yang benar.-*1 Dan barang siapa dibunuh secara zalim, maka sungguh, Kami telah memberi kekuasaan-*2 kepada walinya, tetapi janganlah walinya itu melampui batas dalam pembunuhan. Sesungguhnya dia adalah orang yang mendapat pertolongan.

وَلَا تَقْرَبُوْا مَالَ الْيَتِيْمِ إِلَّا بِالَّتِيْ هِيَ أَحْسَنُ حَتّٰى يَبْلُغَ أَشُدَّهٗۖ وَأَوْفُوْا بِالْعَهْدِۖ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُوْلًا ٣٤
Ayat 34. Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai dia dewasa, dan penuhilah janji, karena janji itu pasti diminta pertanggung-jawabannya.

وَأَوْفُوا الْكَيْلَ إِذَا كِلْتُمْ وَزِنُوْا بِالْقِسْطَاسِ الْمُسْتَقِيْمِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّأَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ٣٥
Ayat 35. Dan sempurnakanlah takaran apabila kamu menakar, dan timbanglah dengan timbangan yang benar. Itulah yang lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌۗ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُوْلًا ٣٦
Ayat 36. Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggung-jawabannya.

وَلَا تَمْشِ فِى الْأَرْضِ مَرَحًاۚ إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُوْلًا ٣٧
Ayat 37. Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung.

كُلُّ ذٰلِكَ كَانَ سَيِّئُهٗ عِنْدَ رَبِّكَ مَكْرُوْهًا ٣٨
Ayat 38. Semua itu-*3 kejahatannya sangat dibenci di sisi Tuhanmu.

ذٰلِكَ مِمَّا أَوْحٰى إِلَيْكَ رَبُّكَ مِنَ الْحِكْمَةِۗ وَلَا تَجْعَلْ مَعَ اللّٰهِ إِلٰهًا اٰخَرَ فَتُلْقٰى فِيْ جَهَنَّمَ مَلُوْمًا مَّدْحُوْرًا ٣٩
Ayat 39. Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu (Muhammad). Dan janganlah engkau mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, nanti engkau dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela dan dijauhkan (dari rahmat Allah).

أَفَأَصْفٰكُمْ رَبُّكُمْ بِالْبَنِيْنَ وَاتَّخَذَ مِنَ الْمَلٰئِكَةِ إِنَاثًاۗ إِنَّكُمْ لَتَقُوْلُوْنَ قَوْلًا عَظِيْمًا ؑ٤٠
Ayat 40. Maka apakah pantas Tuhan memilihkan anak laki-laki untukmu dan Dia mengambil anak perempuan dari malaikat? Sungguh, kamu benar-benar mengucapkan kata yang besar (dosanya).

*Keterangan:
-1. Lihat catatan Al-An'am: 151.
-2. Kekuasaan di sini ialah hal ahli waris yang terbunuh atas penguasa untuk menuntut qisas atau menerima diat. Lihat Al-Baqarah:178 dan An-Nisa: 92.
-3. Semua laranga yang disebutkan dalam ayat 22, 23, 26, 29, 31, 32, 33, 34, 36 dan 37 dalam Surat Al-Isra ini.


---jazakallah---

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel