Bacaan Surat Maryam Ayat 51-65 (Tulisan Arab) & Terjemah

Bacaan dan Terjemah Surat Maryam Ayat 51-65
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

وَاذْكُرْ فِى الْكِتٰبِ مُوْسٰىۖ إِنَّهٗ كَانَ مُخْلَصًا وَّكَانَ رَسُوْلَا نَبِيًّا ٥١
Ayat 51. Dan ceritakanlah (Muhammad), kisah Musa di dalam Kitab (Al-Quran). Dia benar-benar orang yang terpilih, seorang rasul dan nabi.

وَنَادَيْنٰهُ مِنْ جَانِبِ الطُّوْرِ الْأَيْمَنِ وَقَرَّبْنٰهُ نَجِيًّا ٥٢
Ayat 52. Dan Kami telah memanggilnya dari sebelah kanan gunung (Sinai) dan Kami dekatkan dia untuk bercakap-cakap.

وَوَهَبْنَا لَهٗ مِنْ رَّحْمَتِنَا أَخَاهُ هٰرُوْنَ نَبِيًّا ٥٣
Ayat 53. Dan Kami telah menganugerahkan sebagian rahmat Kami kepadanya, yaitu (bahwa) saudaranya, Harun, menjadi seorang nabi.

وَاذْكُرْ فِى الْكِتٰبِ إِسْمَاعِيْلَۖ إِنَّهٗ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلًا نَّبِيًّا ۚ٥٤
Ayat 54. Dan ceritakanlah (Muhammad), kisah Ismail di dalam Kitab (Al-Quran). Dia benar-benar seorang yang benar janjinya, seorang rasul dan nabi.

وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهٗ بِالصَّلٰوةِ وَالزَّكٰوةِۖ وَكَانَ عِنْدَ رَبِّهٖ مَرْضِيًّا ٥٥
Ayat 55. Dan dia menyuruh keluarganya-* untuk (melaksanakan shalat) shalat dan (menunaikan) zakat, dan dia seorang yang diridhai di sisi Tuhannya.

وَاذْكُرْ فِى الْكِتٰبِ إِدْرِيْسَۖ إِنَّهٗ كَانَ صِدِّيقًا نَّبِيًّا ۙ٥٦
Ayat 56. Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Idris di dalam Kitab (Al-Quran). Sesungguhnya dia seorang yang sangat mencintai kebenaran dan seorang nabi,

وَرَفَعْنٰهُ مَكَانًا عَلِيًّا ٥٧
Ayat 57. dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.

أُولٰئِكَ الَّذِيْنَ أَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ مِّنَ النَّبِيّٖنَ مِنْ ذُرِّيَّةِ اٰدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوْحٍۖ وَمِنْ ذُرِّيَّةِ إِبْرٰهِيْمَ وَإِسْرَائِيْلَۖ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَاۗ إِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيٰتُ الرَّحْمٰنِ خَرُّوْا سُجَّدًا وَّبُكِيًّا ٥٨
Ayat 58. Mereka itulah orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu dari (golongan) para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang yang Kami bawa (dalam kapal) bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil (Yakub) dari orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pengasih kepada mereka, maka mereka tunduk sujud dan menangis.

فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلٰوةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوٰتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّاۙ ٥٩
Ayat 59. Kemudian datanglah setelah mereka, pengganti yang mengabaikan shalat dan mengikuti keinginannya, maka kelak mereka akan tersesat,

إِلَّا مَنْ تَابَ وَاٰمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَأُولٰئِكَ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُوْنَ شَيْئًا ۙ٦٠
Ayat 60. kecuali orang yang bertobat, beriman dan mengerjakan kebajikan, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dizalimi (dirugikan) sedikit pun,

جَنّٰتِ عَدْنٍ الَّتِيْ وَعَدَ الرَّحْمٰنُ عِبَادَهٗ بِالْغَيْبِۗ إِنَّهٗ كَانَ وَعْدُهٗ مَأْتِيًّا ٦١
Ayat 61. yaitu surga 'Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pengasih kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak tampak. Sungguh, (janji Allah) itu pasti ditepati.

لَا يَسْمَعُوْنَ فِيْهَا لَغْوًا إِلَّا سَلٰمًاۗ وَلَهُمْ رِزْقُهُمْ فِيْهَا بُكْرَةً وَّعَشِيًّا ٦٢
Ayat 62. Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang tidak berguna, kecuali (ucapan) salam. Dan di dalamnya bagi mereka ada rezeki pagi dan petang.

تِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِيْ نُوْرِثُ مِنْ عِبَادِنَا مَنْ كَانَ تَقِيًّا ٦٣
Ayat 63. Itulah surga yang akan Kami wariskan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertakwa.

وَمَا نَتَنَزَّلُ إِلَّا بِأَمْرِ رَبِّكَۚ لَهٗ مَا بَيْنَ أَيْدِيْنَا وَمَا خَلْفَنَا وَمَا بَيْنَ ذٰلِكَ وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيًّا ۚ٦٤
Ayat 64. Dan tidaklah kami (Jibril) turun, kecuali atas perintah Tuahnmu. Milik-Nya segala yang ada di hadapan kita, yang ada di belakang kita, dan segala yang ada di dantara keduanya, dan Tuhanmu tidak lupa.

رَبُّ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهٖۗ هَلْ تَعْلَمُ لَهٗ سَمِيًّا ؑ٦٥
Ayat 65. (Dialah) Tuhan (yang menguasai) langit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguh-hatilah dalam beribadah kepada-Nya. Apakah engkau mengetahui ada sesuatu yang sama dengan-Nya?


*Keterangan keluargannya pada ayat 55, sebagian mufasir berpendapat bahwa yang dimaksud ahlahu ialah keluarganya, dan sebagian lainnya berpendapat umatnya.

Selanjutnya>>> Ayat 66-82

---jazakallah---

Subscribe to receive free email updates: