Lentera Jogja, Lampu Khas Juga Sebagai Ikon

Lentera Jogja Menjadi Ciri Khas Kota Yogyakarta
Sakaran- Lentera Jogja, sebagian orang menyebut lampu hias yang ada di sepanjang jalan di Kota Yogyakarta. Lentera Jogja adalah lampu penerangan jalan yang menjadi penghias Kota Yogyakarta saat malam hari. Lampu ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Dari tahun ke tahun, lentera jogja tetap menjadi ciri khas kota ini. Meskipun demikian dalam rangka revitalisasi kawasan sumbu filosofis Yogyakarta serta program ramah lingkungan, lampu penerangan jalan khususnya dari Tugu Pal Putih Yogyakarta melewati Malioboro hingga Titik Nol Kilometer akan segera diganti dengan lampu LED.
Lentera Jogja, Lampu Khas Kota Yogyakarta Tidak Akan Diganti
Penggantian lampu ini rencananya akan dilakukan sekitar Juni-Juli 2016 oleh Pemkot Yogyakarta dengan menyerahkan pengerjaan ke pihak ketiga melalui mekanisme lelang. Total ada sekitar 56 titik lampu yang sudah ada akan diganti dengan lampu LED. "Kalau pakai lampu LED daya yang dikeluarkan 120 watt. kalau pakai lampu neon atau sodium bisa 250 watt. Daya tahan lampu LED bisa dipakai hingga 10 tahun. Sementara lampu lainnya hanya bisa dipakai 4-5 tahun. Tentu lebih hemat energi," ujar Kepala Seki Penerangan Jalan Umum, Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, Kota Yogyakarta, Suko Darmanto di Kampung Gajah Wong Edupark Yogyakarta, Rabu (20/4/2016).

Suko menambahkan adanya light emitting diode (LED) bisa menghemat energi hingga 50 persen dibandingkan lampu penerangan jalan neon atau fluorescent. Namun guna menjaga ciri khas Yogyakarta lentera Jogja dengan tiang lampu berukir yang selama ini sudah melekat tidak alan diganti.

"Hanya lampu penerang jalan dari Jalan Mangkubumi-Malioboro hingga Titik Nol Km yang akan kita ganti dengan lampu LED. Tiang lampu tidak akan kita ganti karena sudah mencirikan Yogyakarta," ujarnya dikutip dari halaman tribunjogja.com.

Lentera Jogja Memperindah Kota Yogyakarta Saat Malam Hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel