Bedol Projo 2016, Satu Abad Hari Jadi Kabupaten Sleman

Sakaran- Ribuan orang yang berada di kawasan Jl. Sudirman Yogyakarta sejenak perhatiannya terpusat pada iring-iringan Kirab Budaya yang melintas  pada Sabtu (14/5/16) siang. Kirab Budaya yang digelar siang itu merupakan Kirab Bedol Projo untuk memperingati Hari Jadi ke-100 Kabupaten Sleman. Seperti tampak saat iring-iringan kirab melintas di simpang Tugu Pal Putih Yogyakarta. Petugas polisi tampak sibuk melakukan pengaturan arus lalu-lintas saat guna memperlancar arus lalu-lintas.

Bedol Projo merupakan prosesi Kirab Budaya yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman guna memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman yang ke-100. Kirab Bedol Projo ini mengisahkan prosesi perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Sleman dari kompleks Pesanggrahan, Ambarrukmo, ke Beran Tridadi, Sleman.

Prosesi kirab Bedol Projo tersebut ditandai penyerahan peti yang berisi dokumen dari Pemerintah Kecamatan Depok kepada bregada parajurit untuk dikirab ke Beran setelah sebelumnya dilakukan kenduri dan doa bersama.

Bregada dari Ketingan, Kecamatan Mlati, melambangkan berdirinya Kabupaten Sleman 15 Mei 1916, yaitu ada 15 bregada sebagai tanggal, 5 bergada sebagai bulan, 19 bergada dan 16 bergada sebagai tahun lahirnya.

Menurut pejabat Disbudpar Kabupaten Sleman mengatakan kirab Bedol Projo ini dilaksanakan setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Sleman yakni pada 15 Mei.

Bedol Projo 2016 Ramaikan Satu Abad Hari Jadi Kabupaten Sleman

Bedol Projo 2016 Melintas Simpang Tugu Yogyakarta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel