Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tulisan Arab Surat Al Furqan (bacaan) dan terjemah, ayat 1 s/d 9

Tulisan Arab Surat Al Furqan (bacaan) dan terjemah, ayat 1 s/d 9
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

تَبٰرَكَ الَّذِيْ نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلٰى عَبْدِهٖ لِيَكُوْنَ لِلْعٰلَمِيْنَ نَذِيْرًا ۙ١
1. Mahasuci Allah yang telah menurunkan Furqan (Al Quran) kepada hamba-Nya (Muhammad), agar dia memberi peringatan kepada seluruh alam (jin dan manusia).

اَلَّذِيْ لَهٗ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ وَلَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَّلَمْ يَكُنْ لَّهٗ شَرِيْكٌ فِى الْمُلْكِ وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَهٗ تَقْدِيْرًا ٢
2. Yang memiliki kerajaan langit dan bumi, tidak mempunyai anak, tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan(Nya) dan Dia menciptakan segala sesuatu, lalu menetapkan ukuran ukurannya dengan tepat.

وَاتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اٰلِهَةً لَّا يَخْلُقُوْنَ شَيْئًا وَّهُمْ يُخْلَقُوْنَ وَلَا يَمْلِكُوْنَ لِأَنْفُسِهِمْ ضَرًّا وَّلَا نَفْعًا وَّلَا يَمْلِكُوْنَ مَوْتًا وَّلَا حَيٰةً وَّلَا نُشُوْرًا ٣
3. Namun mereka mengambil tuhan tuhan selain Dia (untuk disembah), padahal mereka (yang mereka anggap tuhan tuhan itu) tidak menciptakan apapun, bahkan mereka sendiri diciptakan dan tidak ada kuasa untuk (menolak) bahaya terhadap dirinya dan tidak dapat (mendatangkan) manfaat serta mematikan, menghidupkan dan tidak (pula) membangkitkan.

وَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْآ إِنْ هٰذَآ إِلَّآ إِفْكٌ افْتَرٰهُ وَأَعَانَهٗ عَلَيْهِ قَوْمٌ اٰخَرُوْنَۚ فَقَدْ جَآءُوْا ظُلْمًا وَّزُوْرًا ۚ٤
4. Dan orang orang kafir berkata, "(Al Quran) tidak lain adalah kebohongan yang diada adakan oleh dia (Muhammad), dibantu orang orang lain." Sungguh, mereka telah berbuat zalim dan dusta yang besar.

وَقَالُوْآ أَسَاطِيْرُ الْأَوَّلِيْنَ اكْتَتَبَهَا فَهِيَ تُمْلٰى عَلَيْهِ بُكْرَةً وَّأَصِيْلًا ٥
5. Dan mereka berkata, "(Itu hanya) dongeng dongeng orang terdahulu, yang diminta agar dituliskan, lalu dibacakan dongeng itu kepadanya setiap pagi dan petang."

قُلْ أَنْزَلَهُ الَّذِيْ يَعْلَمُ السِّرَّ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِۗ إِنَّهٗ كَانَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا ٦
6. Katakanlah (Muhammad), "(Al Quran) itu diturunkam oleh (Allah) yang mengetahui rahasia di langit dan di bumi. Sungguh, Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang."

وَقَالُوْا مَالِ هٰذَا الرَّسُوْلِ يَأْكُلُ الطَّعَامَ وَيَمْشِيْ فِى الْأَسْوَاقِۗ لَوْلَآ أُنْزِلَ إِلَيْهِ مَلَكٌ فَيَكُوْنَ مَعَهٗ نَذِيْرًا ۙ٧
7. Dan mereka berkata, "Mengapa Rasul (Muhammad) ini memakan makanan dan berjalan jalan di pasar? Mengapa malaikat tidak diturunkan kepadanya (agar malaikat) itu memberi peringatan bersama dia,

أَوْ يُلْقٰٓى إِلَيْهِ كَنْزٌ أَوْ تَكُوْنُ لَهٗ جَنَّةٌ يَّأْكُلُ مِنْهَاۗ وَقَالَ الظّٰلِمُوْنَ إِنْ تَتَّبِعُوْنَ إِلَّا رَجُلًا مَّسْحُوْرًا ٨
8. atau (mengapa tidak) diturunkan kepadanya harta kekayaan atau (mengapa tidak ada) kebun baginya, sehingga dia dapat makan dari (hasil)nya?" Dan orang orang zalim itu berkata, "Kamu hanyalah mengikuti seorang laki laki yang kena sihir."

اُنْظُرْ كَيْفَ ضَرَبُوْا لَكَ اِلْأَمْثَالَ فَضَلُّوْا فَلَا يَسْتَطِيْعُوْنَ سَبِيْلًا ؑ٩
9. Perhatikanlah, bagaimana mereka membuat perumpamaan perumpamaan tentang engkau, maka sesatlah mereka, mereka tidak sanggup (mendapatkan) jalan (untuk menentang kerasulanmu).


Terimakasih telah berkenan ngaji online bareng sakaran.com. Semoga apa yang telah kita baca yakni Surat Al Furqan ayat ke-1 sampai dengan ayat ke-9 ini dicatat oleh malaikat-Nya menjadi amal ibadah yang diridhai. Mari ngaji online lagi dengan ayat ayat atau surat lainnya. Dengan memperbanyak membaca ayat ayat suci Al Quran, insya Allah hati kita akan menjadi tenang dan insya Allah akan menyelamatkan kita di akhirat nanti. Amin.