Ranking Alexa turun drastis. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Ranking Alexa turun drastis, penyebab dan cara menangani serta mengembalikan ranking alexa
Hari ini tepatnya Selasa (1/3/16) malam, menjadi waktu apes-apesnya ranking blog kami sakaran.com di alexa. Ranking yang semula masuk tiga juta besar tiba tiba turun drastis ke ranking enam juta sekian. Padahal jelas dalam traffic alexa ranks tertanggal 27/2 masih jelas berada di ranking 3 juta besar. Sesuatu yang kami rasa mustahil ada lebih dari tiga juta blog dan website yang bersama sama menyalip ranking kami di alexa.

Alexa traffic ranks of sakaran..com

Mungkin kami rasa bukan blog kami saja yang pernah mengalami kejadian ini. Setelah kami coba melakukan pencarian di mein pencari raksasa google.com, ternyata benar sudah sering terjadi sebelumnya dan menimpa blog-blog lain. Mencari penyebabnya melalui artikel yang tersedia dari para blogger yang lebih senior tentu menjadi salah satu pilihan tepat untuk mencari tahu serta menanganinya. Namun dari pencarian kami, penyebab pastinya kami belum bisa menemukan. Kebanyakan para blogger masih meraba raba penyebab maupun cara menanganinya.

Dari hasil pencarian kami melalui mesin google.com dan masuk ke halaman blogger yang lebih senior. Jawaban kasus seperti ini biasanya dikarenakan beberapa hal berikut:

  1. Jarang update blog (posting).
  2. Konten blog yang tidak berbobot.
  3. Tidak dipromosikan.
  4. Terlalu banyak duplikasi atau copy paste dari blog lain.
Namun keempat alasan yang banyak dikemukakan oleh para bloger yang berpengalaman ini tidak bisa kami terima sepenuhnya. Karena dalam kasus blog kami sakaran.com, keempat empat alasan itu tidak berlaku menurut kami. Karena kami selalu update postingan setiap harinya, konten blog juga kami rasa berbobot karena isi sebagian besar adalah tentang agama (kecuali gaya bahasa kami memang terbatas karena bukan penulis maupun wartawan). Jika soal promosi web, hal itu kemungkinan bisa terjadi penurunan rangking, namun seharusnya tidak sedrastis seperti saat ini. Terakhir adalah banyaknya konten berisikan duplikasi atau copy paste dari bloger lain tentu tidak kami lakukan.

Lalu apa sebenarnya yang terjadi dengan Ranking Alexa yang turun drastis? Apa penyebab dan cara menangani masalah ini? Kami sendiri masih bingung dan terus mencari jawabannya. Melalui tulisan ini kiranya ada bloger senior yang budiman dan berkenan memberikan jawaban, bisa berika jawaban melalui komentar. Terimakasih sebelumnya atas mampirnya ke blog kami dan jika berkenan membagi pengalaman terkait alexa rank.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel