Mukjizat Rasulullah, Menggandakan Makanan

Mukjizat Rasulullah, Menggandakan Makanan
Sakaran - Berikut ini adalah hadits yang meriwayatkan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW dari sekian banyak mukjizat yang dimiliki beliau:

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah r.a.: Ketika menggali parit (Khandaq), aku melihat Rasulullah SAW dalam keadaan lapar. Kemudian aku pergi menemui istriku seraya bertanya, "Apakah kamu masih menyimpan suatu makanan? Aku melihat Rasulullah SAW lapar sekali!" Lalu, dikeluarkanlah kepadaku sebuah wadah kulit berisi satu gantang gandum, dan kami mempunyai seekor anak kambing, lalu aku sembelih anak kambing itu dan istriku menepung gandum. Kemudian kambing itu kupotong-potong dan kumasukkan ke dalam periuk. Setelah itu, aku pergi menghadap Rasulullah SAW, sedang istriku berpesan kepadaku, "Kamu jangan mempermalukan aku kepada Rasulullah SAW dan rombongan beliau (maksudnya tidak mengajak orang banyak untuk makan, karena persiapan yang dibawa hanya sedikit)."
Setelah aku sampai kepada Rasulullah SAW, aku membisikkan kepada beliau maksud kami sekeluarga ini. Aku berkata, "Wahai Rasulullah, kami telah menyembelih anak kambing kami dan istri saya telah menepung segantang gandum, maka sudilah kiranya engkau dapat hadir ke rumah bersama beberapa orang lainnya."
Pada waktu itu, Rasulullah SAW berteriak-teriak, "Wahai semua penggali parit (khandaq), sesungguhnya Jabir telah membuatkan makanan untuk menjamu kalian, marilah kita pergi bersama memenuhi undangannya segera!" Lalu Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah sekali kali kamu menjerangkan periukmu lebih dahulu, dan adonannya pun jangan dimasak sebelum aku datang."
Sepulangku ke rumah, Rasulullah SAW pun datang bersama rombongannya. Setelah aku menemui istriku, dia marah marah dan mencaci makiku (karena membawa rombongan yang begitu banyak, sedangkan persediaan hanya sedikit). Kemudian aku berkata, "Sudah kulakukan pesanmu itu kepadanya."
Kemudian kukeluarkan adonan tepung itu, lalu beliau meludahinya, dan mendoakan keberkahan. Setelah itu, beliau menuju periuk kami, lalu beliau meludahinya juga dan mendoakan keberkahan pula. Setelah itu, beliau bersabda, "Panggillah wanita juru masak untuk menyertaimu, dan ciduklah dari periukmu tanpa diturunkan dari tungkunya."
Jumlah rombongan itu sebanyak seribu orang. Demi Allah, mereka kenyang semua, bahkan tersisa sampai mereka biarkan dan pulang, sedangkan periuk kami masih saja penuh mendidih sebagaimana semula, dan adonan kami masih juga tetap dimasak sebagaimana semula.
(HR. Muslim)
gambar makanan
Subhanallah, sungguh menakjubkan mukjizat Rasulullah SAW. Semoga kita semua termasuk ke dalam umat beliau dan mendapat syafaat dari beliau. Amin. Demikian tulisan tentang hadits "Mukjizat Rasulullah, Menggandakan Makanan".

Baca juga salah satu mukjizat Rasulullah yang lain adalah "Bulan terbelah menjadi dua."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel