Pencuri Tak Kenal Waktu, Selalu Kunci Rumah Sedekat Apapun Anda Pergi

Sudah pernah dipenjara rupanya tidak membuat jera BS (26) pemuda asal Sumut dan AB (22) pemuda asal Ternate ini untuk melakukan pencurian kembali. Hal itu terbukti setelah keduanya ditangkap petugas Satreskrim Polresta Yogyakarta setelah terbukti melakukan pencurian di sebuah rumah di kawasan Umbulharjo pada Sabtu (14/11/15) pagi. Kedua pelaku ditangkap tak lebih dari 24 jam dari aksinya oleh petugas setelah mendapatkan laporan dari korbannya.

Press Release Polresta Jogja
Disampaikan Kasatreskrim Kompol Heru Muslimin, S.Ik, kedua pelaku saling mengenal di Rutan Wirogunan sekitar tahun 2013 dan keduanya merupakan residivis pelaku pencurian. Modus yang digunakan adalah dengan berkelilin menggunakan sepeda motor berboncengan dan mencari sasaran rumah kosong. Setelah mereka menemukan sasaran, satu dari kedua pelaku masuk ke dalam rumah dan mengambil barang berharga yang mudah dibawa. Sedangkan satu pelaku lain tetap berada diatas sepeda motor di depan rumah sambil mengawasi keadaan sekitar. Setelah berhasil mencuri, hasil barang curian akan dijual ke penadah di wilayah Solo yang nantinya akan dibagi dua.

Selain mengamankan kedua pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti hasil kejahatan berupa satu unit Handphone merk Lenovo warna hitam dan satu unit handphone Nokia. Saat ini BS dan AB harus mempertanggung jawabkan perbuatannya dan dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

Banyaknya kejadian dengan modus serupa, Kasatreskrim menghimbau agar warga masyarakat lebih waspada dengan tidak meletakkan barang berharga seperti emas, handphone, dan lain lain ditempat terbuka dan mudah diambil. Saat meniggalkan rumah, agar menitipkan kepada tetangga, saudara, satpam atau mengunci dan menambah kunci tambahan pada rumah. Selain itu, dengan memasang kamera CCTV akan membuat para pelaku pencurian berpikir dua kali serta mempermudah penyelidikan bagi petugas jika terjadi pencurian.

Dari kejadian diatas, silahkan berhati hati dalam waktu apapun, siang, malam, pagi, ataupun sore dan juga malam. Pelaku pencurian akhir akhir ini tak mengenal waktu, mereka hanya menunggu lengahnya korban. Ada waktu sedikit saja untuk beraksi, mereka langsung mencuri dan membuat kita kehilangan barang berharga kita. Waspadalah, waspadalah..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel