70 Ribu Orang Masuk Surga Tanpa Hisab dan Tanpa Siksa

70 Ribu Orang Masuk Surga Tanpa Hisab dan Tanpa Siksa
Sakaran - Tahukan kita bahwa kelak saat Hari Kiamat tiba, ada beberapa golongan yang tidak akan dihisab dan langsung masuk ke surga. Salah satunya adalah 70 ribu orang yang disebutkan dalam hadits berikut ini.

Diriwayatkan dari Hushain bin 'Abd Al-Rahman: Aku pernah berada di rumah Sa'id bin Jubair, lalu dia berkata, "Siapakah diantara kalian yang melihat meteor tadi malam?"
Saya menjawab, "Saya, waktu itu saya sedang shalat, tetapi saya disengat kalajengking."
Sa'id bertanya, "Kemudian apa yang kamu lakukan?"
Saya berkata, "Saya minta dijampi."
Sa'id bertanya, "Apakah yang memberanikan dirimu berbuat demikian?"
Saya menjawab, "Sebuah hadits yang saya terima dari Sya'bi."
Sa'id bertanya, "Hadits apa yang disampaikan oleh Sya'bi?"
Saya menjawab, "Diceritakan oleh Buraidah bin Hushaib Al Aslami bahwasannya dia berkata, 'Tidak boleh memakai jampi, kecuali terkena penyakit mata yang jahat (al 'ain) atau bisa (sengatan kalajengking atau ular).'"
Sa'id berkata, "Sungguh, lebih baik orang hanya mendengarkan saja tanpa melakukannya."
Akan tetapi, Ibn 'Abbas menceritakan kepada kami dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Diperlihatkan kepadaku semua umat; lalu aku melihat seorang nabi bersama kelompok kecil; juga melihat seorang nabi yang hanya bersama satu atau dua orang; dan juga seorang nabi yang tidak bersama seorang pun. Tiba tiba, diperlihatkan kepadaku sekelompok manusia dalam jumlah besar, aku mengira itu umatku. Lalu dikatakan kepadaku, 'Mereka adalah Musa bersama kaumnya; tetapi lihatlah ke ufuk'. Aku pun melihat kearah tersebut, tiba tiba aku melihat sekelompok manusia dalam jumlah yang besar pula. Lalu kembali dilatakan kepadaku, 'Lihatlah ke ufuk yang lain.' Lalu aku pun melihat ke arah tersebut, tiba tiba aku melihat sekelompok manusia dalam jumlah yang juga besar. Kemudian dikatakan kepadaku, 'Ini adalah umatmu, diantara mereka terdapat tujuh puluh ribu orang yang akan memasuki surha tanpa dihisab amal dan tanpa siksa.'"
Kemudian Nabi SAW bangkit dan memasuki rumahnya. Setelah itu, orang orang memperbincangkan orang yang akan memasuki surga tanpa dihisab dan tanpa siksa itu. Diantara mereka ada yang berkata, " Barangkali mereka itu orang orang yang bergaul dengan Rasulullah SAW."
Sebagian lainnya berkata, "Barangkali mereka itu orang orang yang lahir pada masa Islam dan belum pernah menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun."
Begitulah sebagian lain menyebutkan bermacam macam terkaan. Lalu Rasulullah SAW keluar lagi dan bersabda, "Apa yang sedang kalian perbincangkan?"
Mereka memberitahukan kepada beliau, lalu beliau bersabda, "Mereka itu adalah orang orang yang tidak memakai jampi jampi dan tidak meminta jampi, dan tidak suka meramal nasib; mereka hanya bertawakal kepada Tuhan mereka."
Lalu Ukasyah bin Mihshan berdiri dan berkata, "Doakanlah saya (wahai Rasulullah) kepada Allah agar saya dimasukkan ke dalam golongan mereka!"
Beliau bersabda, "Kamu termasuk dari golongan mereka."
Kemudian seorang laki laki lain juga berdiri dan berkata, "Doakanlah kepada Allah agar saya dimasukkan juga dalam golongan mereka!"
Lalu beliau bersabda, "Kamu sudah didahului oleh Ukasyah."
(HR. Muslim)
Semoga kita bisa menjadi bagian dari golongan orang orang yang tanpa hisab masuk surga. Mari kita berlomba lomba dalam hal kebaikan dengan didasari ilmu agama agar tidak menjadi hal sia sia. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel