Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tulisan Arab Surat Shad Ayat 27-40 (Bacaan) & Terjemah

Bacaan dan terjemah Surat Shaad ayat 27-40
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.



وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاءَ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَاطِلًا ۗ ذٰلِكَ ظَنُّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَوَيْلٌ لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنَ النَّارِ ۗ٢٧
Ayat 27.Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dengan sia- sia. Itu anggapan orang- orang kafir, maka celakalah orang-orang yang kafir itu karena mereka akan masuk neraka. 

أَمْ نَجْعَلُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ كَالْمُفْسِدِيْنَ فِى الْأَرْضِ ۖ أَمْ نَجْعَلُ الْمُتَّقِيْنَ كَالْفُجَّارِ ٢٨
Ayat 28. Pantaskah Kami memperlakukan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan sama dengan orang- orang yang berbuat kerusakan di bumi? Ataukah pantaskah Kami menggangap orang - orang yang bertakwa sama dengan orang-orang yang jahat?

كِتٰبٌ أَنْزَلْنٰهُ إِلَيْكَ مُبٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوْا اٰيٰتِهٖ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ ٢٩
Ayat 29. Kitab ( Al-Quran) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ayat-ayatnya dan orang- orang berakal sehat mendapat pelajaran.

وَوَهَبْنَا لِدَاوٗدَ سُلَيْمٰنَ ۗ نِعْمَ الْعَبْدُ ۗ إِنَّهٗ أَوَّابٌ ۗ٣٠
Ayat 30.  Dan kepada Dawud kami karuniakan (anak bernama) Sulaiman; dia adalah sebaik- baik hamba. Sungguh, dia sangat taat (kepada Allah).

إِذْ عُرِضَ عَلَيْهِ بِالْعَشِيِّ الصّٰفِنٰتُ الْجِيَادُ ۙ٣١
Ayat 31. (Ingatlah) ketika pada suatu sore dipertunjukkan kepadanya (kuda-kuda) yang jinak, (tetapi) sangat cepat larinya,

فَقَالَ إِنِّيْ أَحْبَبْتُ حُبَّ الْخَيْرِ عَنْ ذِكْرِ رَبِّيْ ۚ حَتّٰى تَوَارَتْ بِالْحِجَابِ ۗ٣٢
Ayat 32. maka dia berkata, " Sesungguhnya aku menyukai segala yang baik (kuda), yang membuat aku ingat akan ( kebesaran) Tuhanku, sampai matahari terbenam."-*1

رُدُّوْهَا عَلَيَّ ۚ فَطَفِقَ مَسْحًا بِالسُّوْقِ وَالْأَعْنَاقِ ٣٣
Ayat 33. "Bawalah semua kuda itu kembali kepadaku." Lalu dia mengusap-usap kaki dan leher kuda itu.-*2

وَلَقَدْ فَتَنَّا سُلَيْمٰنَ وَأَلْقَيْنَا عَلٰى كُرْسِيِّهٖ جَسَدًا ثُمَّ أَنَابَ ٣٤
Ayat 34. Dan sungguh, Kami telah menguji Sulaiman dan Kami jadikan (dia) tergeletak di atas kursinya sebagai tubuh (yang lemah karena sakit), kemudian dia bertobat.-*3

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْبَغِيْ لِأَحَدٍ مِّنْ بَعْدِيْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ ٣٥
Ayat 35. Dia berkata, "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi."

فَسَخَّرْنَا لَهُ الرِّيْحَ تَجْرِيْ بِأَمْرِهٖ رُخَاءً حَيْثُ أَصَابَ ۙ٣٦
Ayat 36. Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut perintahnya kemana saja yang dikehendakinya,

وَالشَّيٰطِيْنَ كُلَّ بَنَّاءٍ وَغَوَّاصٍ ۙ٣٧
Ayat 37. dan ( Kami tundukkan pula kepadanya ) setan-setan, semuanya ahli bangunan dan penyelam,

وَاٰخَرِيْنَ مُقَرَّنِيْنَ فِى الْأَصْفَادِ ٣٨
Ayat 38. dan (setan) yang lain yang terikat dalam belenggu.

هٰذَا عَطَاؤُنَا فَامْنُنْ أَوْ أَمْسِكْ بِغَيْرِ حِسابٍ ٣٩
Ayat 39. Inilah anugerah Kami; maka berikanlah ( kepada orang lain ) atau tahanlah (untuk dirimu sendiri ) tanpa perhitungan.

وَإِنَّ لَهٗ عِنْدَنَا لَزُلْفٰى وَحُسْنَ مَاٰبٍ ؑ٤٠
Ayat 40. Dan sungguh, dia mempunyai kedudukan yang dekat pada sisi Kami dan tempat kembali yang baik.


*Keterangan:
-1. Sebagian mufasir ada yang menerjemahkan ayat 32 dengan, "Aku benar-benar menyukai barang yang baik (kuda) ini sehingga aku lalai mengingat Tuhanku sampai kuda itu hilang dari pandangan."
-2. Sebagian mufasir ada yang menerjemahkan ayat 33 dengan, "Bawalah kembali semua itu kepadaku, lalu dia memotong kaki dan lehernya."
-3. Sebagian mufasir mengatakan ialah yang dimaksud dengan ujian ialah keberantakan kerajaan Sulaiman sehingga orang lain duduk di atas singgasananya.


---jazakallah---