Home
Al-Quran
arti
terjemah
tulisan Arab
Tulisan Arab Surat Ar Rum dan terjemah, ayat 1 s/d 10

Tulisan Arab Surat Ar Rum dan terjemah, ayat 1 s/d 10

Bacaan dan terjemah Surat Ar-Rum
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

الٓمّٓ ۚ١
1. Alif Laam Miim.

غُلِبَتِ الرُّوْمُ ۙ٢
2. Bangsa Romawi telah dikalahkan,*1

فِيْٓ أَدْنَى الْأَرْضِ وَهُمْ مِّنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ سَيَغْلِبُوْنَ ۙ٣
3. di negeri yang terdekat *2 dan mereka setelah kekalahannya itu akan menang,*3

فِيْ بِضْعِ سِنِيْنَ .ۗ لِلّٰهِ الْأَمْرُ مِنْ قَبْلُ وَمِنْ بَعْدُ ۗ وَيَوْمَئِذٍ يَّفْرَحُ الْمُؤْمِنُوْنَ ۙ٤
4. dalam beberapa tahun (lagi).*4 Bagi Allah-lah urusan sebelum dan setelah (mereka menang). Dan pada hari (kemenangan Bangsa Romawi) itu bergembiralah orang orang yang beriman,

بِنَصْرِ اللّٰهِ ۗ يَنْصُرُ مَنْ يَّشَآءُ ۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الرَّحِيْمُ ٥
5. karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang Dia kehendaku. Dia Maha Perkasa, Maha Penyayang.

وَعْدَ اللّٰهِ ۗ لا يُخْلِفُ اللّٰهُ وَعْدَهٗ وَلٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ ٦
6. (Itulah) janji Allah. Allah tidak akan menyalahi janji-Nya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

يَعْلَمُوْنَ ظَاهِرًا مِّنَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۖ وَهُمْ عَنِ الْاٰخِرَةِ هُمْ غٰفِلُوْنَ ٧
7. Mereka mengetahui yang lahir (tampak) dari kehidupan dunia; sedangkan terhadap (kehidupan) akhirat mereka lalai.

أَوَلَمْ يَتَفَكَّرُوْا فِيْٓ أَنْفُسِهِمْ ۗ مَا خَلَقَ اللّٰهُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَآ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَجَلٍ مُّسَمًّى ۗ وَإِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ بِلِقَآءِ رَبِّهِمْ لَكٰفِرُوْنَ ٨
8. Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka? Allah tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya banyak di antara manusia benar benar mengingkari pertemuan dengan Tuhannya.

أَوَلَمْ يَسِيْرُوْا فِى الْأَرْضِ فَيَنْظُرُوْا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۗ كَانُوْآ أَشَدَّ مِنْهُمْ قُوَّةً وَّأَثَارُوا الْأَرْضَ وَعَمَرُوْهَآ أَكْثَرَ مِمَّا عَمَرُوهَا وَجَآءَتْهُمْ رُسُلُهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ ۗ فَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلٰكِنْ كَانُوْآ أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ ۗ٩
9. Dan tidakkah mereka bepergian di bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul)? Orang orang itu lebih kuat dari mereka (sendiri) dan mereka telah mengolah bumi (tanah) serta memakmurkannya melebihi apa yang telah mereka makmurkan. Dan telah datang kepada mereka rasul rasul mereka dengan membawa bukti bukti yang jelas. Maka Allah sama sekali tidak berlaku zalim kepada mereka, tetapi merekalah yang berlaku zalim kepada diri mereka sendiri.

ثُمَّ كَانَ عَاقِبَةَ الَّذِيْنَ أَسَآءُوا السُّوْٓاٰى أَنْ كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَكَانُوْا بِهَا يَسْتَهْزِئُوْنَ ؑ١٠
10. Kemudian, azab yang lebih buruk adalah kesudahan bagi orang orang yang mengerjakan kejahatan. Karena mereka mendustakan ayat ayat Allah dan mereka selalu memperolok-olokannya.



*Keterangan:
  1. Romawi Timur yang berpusat di Konstantinopel.
  2. Terdekat ke negeri Arab yaitu Suriah dan Palestina sewaktu menjadi jajahan kerajaan Romawi Timur.
  3. Bangsa Romawi (pada saat diturunkan ayat ini) adalah suatu bangsa yang beragama Nasrani yang memiliki Kitab Suci sedangkan Bangsa Persia adalah beragama Majusi yang menyembah api dan berhala (musyrik). Kedua bangsa itu berperang. Ketika tersirat kabar berita kekalahan bangsa Romawi oleh Bangsa Persia, maka kaum musyrik Mekah menyambutnya dengan penuh gembira karena berpihak kepada orang musyrikin Persia. Sesang kaum muslimin berduka cita karenanya. Kemudian turunlah ayat ini dan ayat berikutnya yang menerangkan bahwa bangsa Romawi akan menang dalam beberapa tahun saja. Hal ini benar benar terjadi. Beberapa tahun setelah kekalahan itu, menanglah bangsa Romawi dan kalahlah bangsa Persia. Dengan kejadian ini nyatalah kebenaran Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul dan kebenaran Al Quran sebagai firman Allah.
  4. Antara tiga sampai sembilan tahun. Waktu antara kekalahan bangsa Romawi (tahun 614-615) dengan kemenangannya (tahun 622 M) ialah kira kira tujuh tahun.
Surat Ar-Rum tulisan arab dan terjemah, gambar sungai by eskipaper.com
Terimakasih telah berkenan ngaji online bareng sakaran.com. dengan bacaan (tulisan Arab) Surat Ar-Rum dan terjemahnya mulai ayat 1 hingga 10. Semoga apa yang kita baca ini menjadi amal ibadah kita yang diridhai Allah. Silahkan ngaji lagi dengan ayat atau surat lainnya. Dengan memperbanyak membaca ayat ayat suci Al Quran insya Allah akan menenangkan hati kita di dunia dan akan menyelamatkan kita di akhirat. Amin.