Tulisan Arab Surat Fushilat Ayat 33-44 (Bacaan) & Terjemah

Bacaan dan terjemah Surat Fushilat ayat 33-44
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.


وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّنْ دَعَا إِلَى اللّٰهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَّقَالَ إِنَّنِيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ ٣٣
Ayat 33. Dan siapakah yang lebih baik perkataanya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan dan berkata, " Sungguh, aku termasuk orang-orang msulim ( yang berserah diri)?"

وَلَا تَسْتَوِى الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ۗ اِدْفَعْ بِالَّتِيْ هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِيْ بَيْنَكَ وَبَيْنَهٗ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهٗ وَلِيٌّ حَمِيْمٌ ٣٤
Ayat 34. Dan tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan. Tolaklah ( kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang ada rasa permusuhan antara kamu dan dia akan seperti teman yang setia.

وَمَا يُلَقّٰهَا إِلَّا الَّذِيْنَ صَبَرُوْا وَمَا يُلَقّٰهَا إِلَّا ذُوْ حَظٍّ عَظِيْمٍ ٣٥
Ayat 35. Dan ( sifat-sifat yang baik itu) tdak akan dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطٰنِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللّٰهِ ۗ إِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ ٣٦
Ayat 36. Dan jika setan mengganggumu dengan suatu godaan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sungguh, Dialah Yang Maha mendengar, Maha Mengetahui.

وَمِنْ اٰيٰتِهِ الَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ ۗ لَا تَسْجُدُوْا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوْا لِلّٰهِ الَّذِيْ خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ ٣٧
Ayat 37. Dan sebagian dari tanda-tanda kebesaran-Nya ialah malam, siang, matahari, dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan jangan ( pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika kamu hanya menyembah kepada- Nya.

فَإِنِ اسْتَكْبَرُوْا فَالَّذِيْنَ عِنْدَ رَبِّكَ يُسَبِّحُوْنَ لَهٗ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَهُمْ لَا يَسْأَمُوْنَ ٣٨
Ayat 38. Jika mereka menyombongkan diri, maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya pada malam dan siang hari, sedang mereka tidak pernah jemu.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖ أَنَّكَ تَرَى الْأَرْضَ خَاشِعَةً فَإِذَا أَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ ۗ إِنَّ الَّذِيْ أَحْيَاهَا لَمُحْيِ الْمَوْتٰى ۗ إِنَّهٗ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ٣٩
Ayat 39. Dan sebagian dari tanda- tanda (kebesaran) -Nya, engkau melihat bumi itu kering dan tandus, tetapi apabila Kami turunkan hujan di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya (Allah) yang menghidupkannya pasti dapat menghidupkan yang mati; sesungguhnya Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

إِنَّ الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْ اٰيٰتِنَا لَا يَخْفَوْنَ عَلَيْنَا ۗ أَفَمَنْ يُّلْقٰى فِى النَّارِ خَيْرٌ أَمْ مَنْ يَّأْتِيْ اٰمِنًا يَّوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ اِعْمَلُوْا مَا شِئْتُمْ ۙ إِنَّهٗ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ ٤٠
Ayat 40. Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari tanda-tanda ( kebesaran)  Kami, mereka tidak tersembunyi dari Kami . Apakah orang- orang yang dilemparkan ke dalam neraka yang lebih baik ataukah  mereka yang datang dengan aman sentosa pada hari Kiamat? Lakukanlah apa yang kamu kehendaki! Sungguh, Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

إِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِالذِّكْرِ لَمَّا جَاءَهُمْ ۗ وَإِنَّهٗ لَكِتٰبٌ عَزِيْزٌ ۙ٤١
Ayat 41. Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari Al -Quran ketika ( Al-Quran) itu disampaikan kepada mereka ( mereka itu pasti akan celaka) , dan sesungguhnya ( AlQuran ) itu adalah Kitab yang mulia,

لَا يَأْتِيْهِ الْبَاطِلُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَلَا مِنْ خَلْفِهٖ ۗ تَنْزِيْلٌ مِّنْ حَكِيْمٍ حَمِيْدٍ ٤٢
Ayat 42. ( yang) tidak akan didatangi oleh kebatilan baik dari depan maupun dari belakang ( pada masa lalu dan yang akan datang ), yang diturunkan dari Tuhan Yang Mahabijaksana, Maha Terpuji.

مَا يُقَالُ لَكَ إِلَّا مَا قَدْ قِيْلَ لِلرُّسُلِ مِنْ قَبلِكَ ۗ إِنَّ رَبَّكَ لَذُوْ مَغْفِرَةٍ وَّذُوْ عِقَابٍ أَلِيْمٍ ٤٣
Ayat 43. Apa yang dikatakan ( oleh orang-orang kafir) kepadamu tidak lain adalah apa yang telah dikatakan kepada rasul- rasul sebelummu. Sungguh, Tuhanmu mempunyi ampunan dan azab yang pedih.

وَلَوْ جَعَلْنٰهُ قُرْاٰنًا أَعْجَمِيًّا لَّقَالُوْا لَوْلَا فُصِّلَتْ اٰيٰتُهٗ ۗ ءَأَعْجَمِيٌّ وَّعَرَبِيٌّ ۗ قُلْ هُوَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هُدًى وَّشِفَاءٌ ۗ وَالَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ فِيْ اٰذَانِهِمْ وَقْرٌ وَّهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى ۗ أُولٰئِكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَّكَانٍ بَعِيْدٍ ؑ٤٤
Ayat 44. Dan  sekiranya Al- Quran Kami jadikan sebagai bacaan dalam bahasa selain bahasa Arab niscaya mereka mengataka," Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya ?" Apakah patut ( Al- Quran)  dalam bahasa selain bahasa  Arab sedang (rasul), orang Arab? Katakanlah,"Al-Quran adalah petunjuk  dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, dan ( Al Quran) itu merupakan kegelapan bagi mereka.-*1 Mereka itu (seperti) orang -orang yang dipanggil dari tempat yang jauh."  



*Keterangan:
-1. Tidak memberi petunjuk kepada mereka.


---jazakallah---

0 Response to "Tulisan Arab Surat Fushilat Ayat 33-44 (Bacaan) & Terjemah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel