Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendaftaran Akpol, Brigadir & Tamtama Polri Dibuka 14 Maret 2017

Pendaftaran Polri 2017 Dibuka Tanggal 14 Maret
Penerimaan Polri- Ini dia yang dari kemarin ditunggu-tunggu oleh adik-adik yang duduk di bangku kelas tiga SMA maupun yang lulus SMA dua tahun terakhir yakni pendaftaran Polri. Yang dari kemarin selalu menanyakan kapan pendaftaran Polri di antaranya Akpol, Brigadir dan Tamtama. Ini dia jawaban waktu penerimaan Polri dari Polres Bantul.


Meskipun belum diinformasikan melalui website resminya tentang kapan waktu pendaftaran Akpol, Bintara Polri atau lebih dikenal dengan Brigadir serta Tamtama Polri. Namun dilansir dari halaman tribratanewsbantul.com pendaftaran akan dimulai bulan depan yakni Maret 2017. Berikut berita yang ditulis oleh tribratanewsbantul.com yang menginformasikan waktu penerimaan tigas golongan polisi ini.

Dalam rangka meningkatkan animo peserta seleksi calon anggota Polri, Bagian Sumber Daya (Sumda) Polres Bantul melaksanakan sosialisasi penerimaan Anggota Polri tahun anggaran 2017 di SMA N I Srandakan, Kamis, 23 Februari 2017 pukul 10.00 Wib.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Paurminpers 1 Bagsumda Polres Bantul Iptu Paini didampingi KBO Satbinmas Polres Bantul Iptu Dedi Tunandi yang diikuti oleh ratusan siswa kelas XII. Pendaftaran penerimaan Polri untuk Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri akan dilaksanakan secara serentak di tanah air mulai 14 Maret s.d. 8 April 2017 mendatang. 

Iptu Paini mengatakan sosialisasi ini untuk memberikan informasi tentang penerimaan polri dan agar para pelajar dapat mempersiapkan diri baik itu fisik, maupun mental sejak jauh hari. "Maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk menjaring animo dan minat sebanyak mungkin masyarakat khususnya anak sekolah untuk menjadi anggota polri," katanya.

Setelah mendapatkan sosialisasi ini diharapkan para siswa dapat mengerti dan paham tentang penerimaan anggota polri juga syarat-syaratnya serta mengerti perekrutan tersebut tidak di pungut biaya atau gratis," tambah Iptu Paini.

Adapun persyaratan umumnya sebagai berikut :
1. Warga Negara Indonesia;
2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
4. Pendidikan paling rendah SMU atau yang sederajat;
5. Berumur paling rendah 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri);
6. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (surat keterangan dari Polres setempat berupa SKCK);
8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela; dan lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Kepolisian.

Ada juga persyaratan lainnya seperti
1. Berijazah serendah-rendahnya SMU/Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS atau SMK yang sesuai dengan kompetensi tugas pokok Polri (kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan) dengan Nilai Akhir (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) minimal 6,5;
2. Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Brigadir Polisi T.A. 2017, minimal 17 (tujuh belas) tahun 5 (lima) bulan dan maksimal 21 tahun;
3. Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku):
    a. Pria : 163 (seratus enam puluh lima) cm;
    b. Wanita : 160 (seratus enam puluh) cm;
4. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Brigadir Polisi, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus;
5. Memperoleh persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 (dua puluh satu) tahun (bukan paksaan orang tua);
6. Tidak terikat Perjanjian Ikatan Dinas dengan instansi lain.


Adapun materi dan tata urutan kegiatan tes / ujian sebagai berikut :
a. Rik Kes  Tahap I
b. Rik Min Awal
c. Rik Psikologi
d. Uji Akademik Meliputi :
    1. Pengetahuan Umum
    2. Bhs Indonesia
    3. Bhs Inggris
e. Rik Kes Tahap II
f. Rik Dan Uji Puan Jas Serta Antropometri
g. Rik Min Akhir
h. Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat

Dalam kegiatan tersebut, Iptu Paini juga berupaya menjelaskan prosedur penerimaan anggota kepolisian yang benar. Para siswa mendapatkan pemaparan lengkap mengenai mekanisme penerimaan anggota Polri dari tahap pendaftaran, seleksi, pendidikan dan tugas-tugas yang diemban setelah lulus. 

Pendaftaran polri ini tidak dipungut biaya, rekrutmen dilingkungan Polda DIY menerapkan mekanisme yang sudah di tentukan. Tidak ada ungsur suap menyuap didalamnya. Akan ditindak tegas apabila di temukan ada panitia / oknum yang meminta  uang suap dalam rekrutmen Anggota polisi ini nanti.

Komitmen pada perubahan telah dijalankan Polri, lebih khusus pada model rekrutmen personil. "Dengan motto, BETAH (bersih, transparan, akuntabel dan humanis), seluruh 

Tidak ada yang Bisa Meluluskan Kecuali Diri Anda Sendiri, kelulusan dinilai berdasarkan kualitas dan kemampuan calon peserta. Jangan sampai ada korban-korban lagi dengan modus mampu meloloskan seleksi penerimaan Polri. 

Siapkan diri mulai dari sekarang mulai dari fisik, intelegensia, dan mental spiritual,” tegasnya. 

(Sumber: http://www.tribratanewsbantul.com/2017/02/pendaftaran-akpol-brigadir-dan-tamtama.html)