Modus Penipuan Meninggalkan Cek & Surat Penting, Waspadalah!

Modus Penipuan Menggunakan Cek dan Surat Penting
Kian hari, modus kejahatan khususnya penipuan kian berkembang. Modus penipuan baru yang ditemukan polisi di wilayah Kota Yogyakarta adalah dengan modus meninggalkan cek dan surat penting. Setelah korban menemukannya, pelaku berharap akan menghubungi pelaku yang kemudian akan dibujuk untuk menstransfer sejumlah uang yang nantinya akan diganti oleh pelaku menggunakan cek yang ditinggalkan.

Kejadian terakhir menimpa Bapak Yoyo YW. warga Banten yang sedang berada di kota Yogyakarta. Dirinya hampir saja menjadi korban penipuan pada Senin (12/12/16) pagi setelah dirinya menemukan berkas surat-surat penting di salah satu Gerai ATM di Jalan Sudirman. Kala itu, Yoyo berniat baik ingin mengembalikan surat-surat tersebut dengan menghubungi nomor telepon yang tertera dalam salah satu surat.

Kejadian bermula saat dirinya menemukan beberapa lembar surat penting di antaranya SIUP Perusahaan, Surat Tanah dan Cek bernilai sejumlah uang. Bapak Yoyo yang berbaik hati ingin mengembalikan surat tersebut dengan menghubungi pemilik malah diminta untuk menstransfer sejumlah uang dan nantinya surat-surat dan cek bernilai jutaan rupiah itu akan diberikan kepada Bapak Yoyo.

Ternyata hal tersebut merupakan modus penipuan baru untuk menipu korbannya. Beruntung Bapak Yoyo tidak langsung percaya terhadap apa yang disampaikan oleh oleh pelaku. Hal itu kemudian dilaporkan Bapak Yoyo kepada petugas Polsek Gondokusuman.

Setelah dilakukan penyelidikan oleh Unitreskrim Polsek Gondokusuman, benar bahwa berkas atau surat itu diketemukan di Gerai Atm bank BCA Jalan Sudirman kemungkinan sengaja di tinggalkan oleh pelaku kejahatan.

Kapolsek Gondokusuman melalui Kasihumas Aiptu Aris BW mengatakan bahwa modus kejahatan tersebut sebenarnya modus lama, namun kali ini alat yang digunakan tergolong baru yakni menggunakan surat penting serta cek yang tertulis nominal besar.

"Kami imbau warga masyarakat untuk lebih waspada terhadap segala bentuk penipuan, mengingat saat ini modus penipuan sangatlah beragam dan terus berganti," imbau Kasihumas.

Dengan adanya imbauan polisi dari Polsek Gondokusuman, yuk lebih waspada lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel