Bacaan Surat Al-Isra' Ayat 71-77 (Tulisan Arab) & Terjemah

Tulisan Arab Surat Al-Isra' ayat 71-77 dan terjemah
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
يَوْمَ نَدْعُوْ كُلَّ أُنَاسٍ بِإِمَامِهِمْۚ فَمَنْ أُوْتِيَ كِتٰبَهٗ بِيَمِيْنِهٖ فَأُولٰئِكَ يَقْرَءُوْنَ كِتٰبَهُمْ وَلَا يُظْلَمُوْنَ فَتِيْلًا ٧١
Ayat 71. (Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpinnya; dan barang siapa diberikan catatan amalnya di tangannya mereka akan membaca catatannya (dengan baik), dan mereka tidak akan dirugikan sedikit pun.

وَمَنْ كَانَ فِيْ هٰذِهٖ أَعْمٰى فَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ أَعْمٰى وَأَضَلُّ سَبِيْلًا ٧٢
Ayat 72. Dan barang siapa buta (hatinya) di dunia ini, maka di akhirat dia kana buta dan tersesat jauh dari jalan (yang benar).

وَإِنْ كَادُوْا لَيَفْتِنُوْنَكَ عَنِ الَّذِيْ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ لِتَفْتَرِيَ عَلَيْنَا غَيْرَهٗۖ وَإِذًا لَّاتَّخَذُوْكَ خَلِيْلًا ٧٣
Ayat 73. Dan mereka hampir memalingkan engkau (Muhammad) dari apa yang telah kami wahyukan kepadamu, agar engkau mengada-ada yang lain terhadap Kami; dan jika demikian tentu mereka menjadikan engkau sahabat setia.

وَلَوْلَا أَنْ ثَبَّتْنٰكَ لَقَدْ كِدْتَّ تَرْكَنُ إِلَيْهِمْ شَيْئًا قَلِيْلًا ۙ٧٤
Ayat 74. Dan sekiranya Kami tidak memperteguh (hati)mu, niscaya engkau hampir saja condong sedikit kepada mereka,

إِذًا لَّأَذَقْنٰكَ ضِعْفَ الْحَيٰوةِ وَضِعْفَ الْمَمَاتِ ثُمَّ لَا تَجِدُ لَكَ عَلَيْنَا نَصِيْرًا ٧٥
Ayat 75. jika demikian, tentu akan Kami rasakan kepadamu (siksaan) berlipat ganda di dunia ini dan berlipat ganda setelah mati, dan engkau (Muhammad) tidak akan mendapat seorang penolong pun terhadap Kami.

وَإِنْ كَادُوْا لَيَسْتَفِزُّوْنَكَ مِنَ الْأَرْضِ لِيُخْرِجُوْكَ مِنْهَا وَإِذًا لَّا يَلْبَثُوْنَ خِلٰفَكَ إِلَّا قَلِيْلًا ٧٦
Ayat 76. Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau harus keluar dari negeri itu, dan kalau terjadi demikian, niscaya sepeninggalmu mereka tidak akan tinggal (di sana), melainkan sebentar saja.-*1

سُنَّةَ مَنْ قَدْ أَرْسَلْنَا قَبْلَكَ مِنْ رُّسُلِنَا وَلَا تَجِدُ لِسُنَّتِنَا تَحْوِيْلًا ؑ٧٧
Ayat 77. (Yang demikian itu) merupakan ketetapan bagi para rasul Kami yang Kami utus sebelum engkau,-*2 dan tidak akan engkau dapati perubahan atas ketetapan Kami.


*Keterangan:
-1. Kalau sampai terjadi Nabi Muhammad Saw. diusir oleh penduduk Mekah, niscaya tidak akan lama hidup di dunia, dan Allah segera membinasakan mereka. Hijrah Nabi ke Madinah bukan karena pengusiran kaum Quraisy melainkan semata-mata perintah Allah Swt.
-2. Maksudnya setiap umat yang mengusir rasul pasti akan dibinasakan Allah. Demikian itulah sunnah (ketetapan) Allah Swat.

Selanjutnya>>> 78-84

---jazakallah---

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel