Hasil Sidang Isbat Idul Adha 2016, Diumumkan Kemenag Pada 1 September

Hasil Sidang Isbat, tetapkan Idul Adha 1437 H Pada 12 September
Menteri Agama Lukman Hakim S
Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat untuk menetapkan Awal Zulhijjah atau menentukan Hari Raya Idul Adha 1437 H pada Kamis (1/9/2016). Dilansir dari halaman Setkab.go.id, sidang Isbat akan digelar di Kantor Kementerian Agama yang beralamatkan di Jalan M.H. Thamrin No 6, Jakarta, mulai pukul 17.00 WIB.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, M. Thambrin mengatakan, sidang isbat penentuan Idul Adha 1437 H itu akan dihadiri pimpinan sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam, Ketua MUI, duta besar negara sahabat, dan sejumlah tokoh Islam.


Sebelum pelaksanaan sidang, akan diadakan pra sidang berupa pemaparan posisi Hilal Awal Zulhijjah 1437 H oleh anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. Setelah shalat Maghrib, sidang digelar yang dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Setelah pelaksanaan sidang selesai, maka hasil sidang isbat akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat melalui konferensi pers oleh Menteri Agama. Sayangnya sidang isbat kali ini dilaksanakan secara tertutup dan tidak disiarkan langsung melalui media elektronik seperti saat sidang penentuan awal Ramadhan dan 1 Syawal beberapa waktu lalu.

Meskipun sidang dilakukan secara tertutup, namun hasil akan disampaikan langsung oleh Menteri Agama sesaat setelah pelaksanaan sidang selesai.