Modus Pencurian Menjadi PRT, Pelaku Gasak Harta Majikan

Sakaran Jogja- Petugas Unitreskrim Polsek Kotagede berhasil mengamankan salah seorang pencuri bermodus menjadi pekerja rumah tangga (PRT). Seorang PRT berinisial IR (38) warga Pendowoharjo, Sewon, Bantul diamankan polisi setelah berhasil menggasak perhiasan milik majikannya di kawasan Gedongkuning Kotagede.

Menurut Kapolsek Kotagede melalui Kasihumas Aiptu Agustinus Supriyadi mengatakan, dalam aksinya IR berpura-pura membersihkan kamar milik majikannya, selanjutnya ia mencuri emas seberat 18 gram dari dalam almari milik majikannya. "Ternyata IR bekerja menjadi pembantu rumah tangga hanya dijadikan modus pelaku untuk beraksi melakukan pencurian," terang Kasihumas pada Kamis (23/6/16) pagi.

Kasihumas menambahkan jika pelaku bisa bekerja di rumah tersebut setelah korban membuat iklan lowongan pekerjaan melalui koran. Tak lama setelah pemasangan iklan IR  mendatangi rumah korban dan bermaksud mendaftar bekerja. Korban pun menerima pelaku bekerja di rumahnya dengan kesepakatan jam kerja mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Saat pelaku mulai bekerja, dan kebetulan korban bersama istrinya tengah pergi meninggalkan rumah. Tersangka langsung beraksi menguras harta majikannya dengan mengambil kalung emas seberat 8 gram. Aksi yang sama dilakukan pula pada hari kedua dengan menggasak cincin emas seberat 5 gram dan liontin seberat 5 gram. Selanjutnya pelaku masuk kerja sehari untuk mengelabui korban, kemudian pelaku tidak masuk kerja.

Korban yang  curiga lalu memeriksa barang berharga miliknya dan ternyata diketahui jika beberapa perhiasan emas telah hilang. Korban pun langsung melaporkan kasus tersebut ke Polsek Kotagede yang tak lama kemudian polisi berhasil meringkus pelaku di kostnya kawasan Giwangan Umbulharjo. Kepada penyidik, pelaku yang sebelumnya pernah terjerat kasus yang sama ini mengaku mencuri untuk membantu membayar kontrakan ibunya.

Nah, bagi para keluarga yang ingin mencari asisten atau pembantu rumah tangga silakan untuk lebih berhati-hati dalam memilih orang. Dan selalu jaga harta benda anda di tempat yang aman dari tindak pencurian. 

(sumber: jogjatribratanews.com)
Pelaku saat diperiksa petugas di Mapolsek Kotagede

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel