Mengimani Hal Ghaib "Terompet Sangkakala"

Mengimani Hal Ghaib "Terompet Sangkakala"
Sakaran- Diantara salah satu sudut atau aspek dalam agama Islam ada mengimani atau mempercayai tentang aspek aspek yang dikabarkan oleh wahyu yaitu hal ghaib. Sesuatu hal yang pencaindera kita tidak bisa mendeteksi, namun karena pemberitaan dalam nas nas yang khotbi dan shahih maka kita wajib mengimani. Maka yang harus kita gunakan adalah dengan pendekatan khalbu atau hati yaitu keimanan kita kepada Allah SWT.

Salah satu hal ghaib yang wajib kita imani adalah tiupan sangkakala oleh Malaikat Isrofil. Banyak ayat ayat maupun hadits hadits yang menjelaskan tentang salah satu hal ghaib yang wajib kita imani tersebut.  Seperti apa besarnya, spesifikasinya tentu kita tidak perlu memperbincangkan, namun kita kembalikan kepada Allah yang Maha Segalanya.

Sesuai dengan firman firman-Nya, tiga tiupan sangkakala akan ditiupkan di penghujung jaman nanti. Tiupan pertama adalah kehancuran alam semesta. Sedangkan tiupan kedua adalah tiupan pingsan, atau kematian yang mematikan seluruh makhluk hidup kecuali yang memang tidak dimatikan oleh Allah. Tiupan terakhir atau tiupan sangkakala ketiga adalah tiupan kebangkitan yang membangunkan semua manusia di padang masyar. Dari tiupan sangkalala yang satu dengan yang lain mempunyai jarak empat puluh (hari, bulan, tahun atau berapa lama empat puluh tidak dijelaskan detail namun wajib kita imani).

Hal itu disampaikan oleh Ustad Ikhwanuri, S.Ag saat menjadi Khatib pada khutbah shalat Jumat pada 18/3/16 di Masjid Baiturrahim Polresta Yogyakarta. Di akhir khutbah pertama, Ustad Ikhwanuri, S.Ag mengingatkan di dalam hiruk pikuk semua kesibukan kita, ada hari dimana dinamakan hari Kiamat. Oleh karenanya berita ghaib tersebut untuk ditanamkan dalam hati sehingga mampu menjadi pribadi yang baik tanpa diawasi. Cukup Allah yang mengawasi dan berita berita ghaib tersebut sebagai pengingat atau dikatakan CCTV kehidupan kita.

Kepada ratusan jamaah yang hadir dalam shalat Jumat itu, khatib juga menghimbau kepada jamaah untuk terus belajar memperbanyak ilmu pada khutbah kedua. Karena ilmu di era modern seperti saat ini, ilmu sangat mudah untuk diakses melalui berbagai media. Khatib Ust. Ikhwanuri, S.Ag pu menutup khutbah Jumat dengan doa.

Untuk lebih mudah mencerna tema ini, silakan dengarkan MP3 khutbah Shalat Jumat "Mengimani Hal Ghaib, Tiupan Terompet Sangkakala" dari Ust. Ikhwanuri, S.Ag berikut ini.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel