Widget/ Gadget Tampil di Versi Mobile/ Seluler

Widget/ Gadget Tampil di Versi Mobile/ Seluler
Widget/ Gadget Tampil di Versi Mobile/ Seluler 
Sakaran- Mungkin diantara temen temen blogger pernah bertanya, kenapa widget atau gadget blog yang kita pasang tidak tampil atau tayang jika dilihat dalam versi mobile atau melalui seluler. Hal itu memang terjadi karena settingan default dari widget/gadget itu sendiri. Biasanya widget yang sobat pasang tidak tampil di versi mobile karena dalam keadaan default widget dan yang ditampilkan di versi mobile hanya widget-widget berikut ini:

  1. Header
  2. Blog
  3. Profil
  4. PageList
  5. AdSense
  6. Atribusi

Lalu bagaimana jika kita ingin menampilkan widget/gadget lain selain dari enam widget default diatas. Ternyata cara memasang widget atau menampilkannya pada versi mobile tidak sulit dan cukup tergolong mudah. Kita hanya mencari kode html widget yang ingin kita tampilkan pada versi mobile melalui pengeditan html. Kita ambil contoh, jika kita ingin menampilkan widget/gadget Popular Post dalam versi seluler atau mobile. Silahkan masuk ke dashboard blogger anda, pilih template dan masuk ke edit html. Selanjutnya cari widget Popular Post dan ikuti panduan di bawah ini.

Sebelumnya perlu diketahui, untuk menampilkannya di template seluler, sobat perlu menambahkan property baru pada tag widget tersebut, yaitu mobile. Property mobile ini sendiri memiliki tiga nilai, yaitu Yes, No, dan Only. Dan seperti inilah penerapannya :

<b:widget id='PopularPosts3' mobile='yes' locked='false' title='Entri Populer' type='PopularPosts'>

Kode di atas adalah contoh untuk menampilkan widget popular post di template seluler dan juga tampil di tampilan versi desktop. Dan jika ingin membuat widget popular post hanya tampil di template versi seluler, maka kodenya adalah seperti ini :

<b:widget id='PopularPosts3' mobile='only' locked='false' title='Entri Populer' type='PopularPosts'>

Atau menyembunyikan widget pada tamplate versi seluler, maka kodenya adalah seperti ini :

<b:widget id='PopularPosts3' mobile='no' locked='false' title='Entri Populer' type='PopularPosts'>

Kami garis bawahi bahwa fungsi tag widget yang terdiri dari tiga jenis itu mengandung arti:

  1. mobile='yes' untuk menampilkan widget popular post di template seluler dan juga tampil di tampilan versi desktop. 
  2. mobile='only' untuk menampilkan widget hanya tampil di template versi seluler.
  3. mobile='no' untuk menyembunyikan widget pada tamplate versi seluler.



Untuk widget atau gadget lain, silahkan lakukan hal yang sama dengan panduan diatas. Cukup mudah bukan menampilkan widget atau gadget pada versi template mobile atau seluler. Demikian sedikit tulisan kami ini, semoga bermanfaat untuk temen temen blogger. Jika ingin copy paste artikel ini dipersilahkan dengan syarat menampilkan link kami. Kalaupun tidak juga tidak mengapa, yang penting bisa bermanfaat untuk blogger yang lain. Sekian dan terimakasih.

2 Responses to "Widget/ Gadget Tampil di Versi Mobile/ Seluler"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel