Seluruh Lapisan Kulit Suparman Melepuh, Semoga Lekas Sembuh!

Steven Johnson Sindrom, lapisan kulit melepuh akibat alergi obat
Sakaran- Suparman (42) saat ini masih terbaring di salah satu rumah sakit yang ada di Bantul DIY. Dirinya masih berjuang melawan rasa sakit akibat penyakit yang dideritanya. Suparman menderita sakit dengan ciri ciri semua lapisan kulit di seluruh permukaan tubuh melepuh layaknya kulit terbakar. 

Sekitar tiga minggu sebelumnya sekitar 26 Januari 2016, Suparman menjalani tindakan medis berupa operasi ambeien di rumah sakit A. Setelah proses operasi medis ini berjalan lancar dan telah menjalani rawat inap selama kurang lebih tiga hari, Suparman diperbolehkan pulang dan menjalani rawat jalan. Dokter menyarankan untuk melakukan rawat jalan jika obat telah habis atau ada gejala yang tidak semestinya. Suparman pun telah melakukan rawat jalan di rumah sakit tersebut sebanyak tiga kali dengan setiap pemeriksaan dokter memberikan obat untuk diminum secara rutin.

Namun setelah kontrol atau rawat jalan yang ketiga, dan setelah Suparman meminum obat yang diberikan dokter diantaranya jenis Asam Mefenamat dan antibiotik Cefadroxil. Sore hari dengan selang waktu yang tidak lama setelah obat diminum, Suparman merasa mengalami gabagen atau cacar. Pada pagi harinya, Suparman memeriksanakannya ke salah satu Puskesmas yang tak jauh dari rumahnya. Melihat penyakit yang dialami Suparman, Puskesmas akhirnya merujuk ke rumah sakit agar bisa ditangani lebih tepat. Di rumah sakit inilah saat ini Suparman masih terus berjuang melawan rasa sakit yang dialaminya.

Keluarga yang selanjutnya meminta penjelasan kepada pihak management RS. A yang memberikan penanganan operasi ambeien hingga rawat jalan sebelumnya. Salah satu dokter yang mewakili pihak management di rumah sakit tersebut menjelaskan bahwa penanganan selama berada di rumah sakit telah dilakukan sesuai prosedur. Dokter menjelaskan, Suparman mengalami sebuah penyakit yang diberi nama Steven Johnson Sindrom (SJS) / Sindrom Steven Johnson (SSJ). Meskipun belum bisa dipastikan penyebabnya, namun dokter tersebut menjelaskan bahwa alergi obatlah penyebab sehingga Suparman mengalami SJS ini. Obat itu salah satu diantara atau dua jenis Asam Mefenamat dan antibiotik Cefadroxil.

Ditambahkan dokter tersebut bahwa semua obat sebenarnya bisa memicu munculnya alergi, tapi setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda. Pada banyak kasus SSJ, beberapa obat-obatan yang sering menjadi pemicu SSJ termasuk salah satu diantaranya yang diberikan kepada Suparman.

Dari kejadian ini keluarga berharap Suparman bisa secepatnya sembuh dan kembali ke rumah tanpa merasakan sakit perih di seluruh tubuhnya. Kepada para pembaca sekalian, minta doanya agar Bapak Suparman segera sembuh. amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel