Kode OTP, Pengertian dan Manfaatnya

Pengertian Kode OTP dan Kegunaannya
Dalam bertransaksi online, diperlukan adanya sebuah pengamanan tersendiri. Banyak pengamanan yang diberikan baik oleh perbankan maupun situs jual beli online di dunia maya. Salah satu pengamanan dilakukan dengan Kode OTP. Lalu, apa yang dimaksud dengan kode OTP, cara membuatnya ataupun menggunakannya untuk mengamankan setiap transaksi kita khususnya penjual di dunia maya.

Pengertian OTP (One Time Password) adalah password dinamis yang dikirimkan ke nomor telepon seluler pemegang e-rekening. Hal itu bertujuan untuk mengamankan rekening anda jika ada seseorang yang akan menyalahgunakan atau menarik rekening anda tanpa sepengetahuan anda. Jika hal itu terjadi maka sistem perbankan akan mengirimkan notifikasi ke seluler anda untuk meminta persetujuan. Sederhana saja, seperti kalau kita mau buat akun, kita akan mendapat sms verifikasi, itulah kode OTP. Jadi lebih aman dalam menjaga rekening kita.

Misalkan salah satu contoh di tokopedia.com, anda tinggal masuk ke akun Tokopedia dan untuk mengirimkan Kode OTP ke nomor handphone Anda, klik tombol "Kirim OTP ke HP". Selanjutnya sistem Tokopedia secara otomatis akan mengirimkan Kode OTP via SMS ke nomor handphone Anda. Masukan kode yang tertera pada SMS tersebut pada kolom Kode OTP. Setelah Anda yakin telah mengisi semua data dengan benar dan lengkap, klik tombol "Konfirmasi".

Hal itu pun tidak jauh beda dengan sistem OTP di perbankan..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel